Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

13 Cara Merapikan Alis Dan Membuat Tampak Natural Dengan Mudah

 

Bagian wajah yang saat ini sering menjadi perhatian dalam dunia fashion adalah alis mata. Ya, alis menjadi bagian penting bagi wajah seorang wanita yang tentu bisa menambah rasa percaya diri saat harus tampil di depan umum. Dengan alis yang rapi juga membuat wajah dan make up anda akan tampak sempurna. Nah, beberapa cara dilakukan sebagian wanita untuk merapikan alis mereka. Cara merapikan alis ini juga tidak hanya dengan pergi ke tempat perawatan kecantikan atau salon saja. Tidak sedikit cara merapikan alis yang bisa dilakukan di rumah.

Cara Merapikan Alis Yang Apik Dan Menarik

Bagi seorang muslim mungkin akan sangat berpengaruh dengan gaya make up yang satu ini. Mencabut atau mencukur alis bahkan menjadi sebuah pantangan yang wajib ditaati. Lantas, seperti apa bila seorang muslimah ingin turut merapikan alis mereka? Cara merapikan alis yang bukan dengan mencukur atau mencabut juga bisa dilihat pada ulasan singkat berikut ini.

1. Membentuk Pola

Anda bisa mencoba membentuk pola atau menentukan terlebih dulu pola alis yang sesuai dengan bentuk wajah anda. Cara ini biasanya dilakukan dengan bantuan pensil alis dengan membentuk alis seperti yang diinginkan.

2. Menunggu Alis Tumbuh

Setidaknya anda membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 minggu lamanya untuk waktu tumbuh alis yang normal. Biarkan alis tumbuh dengan alami dan lihatlah bentuk asli dari alis anda, sehingga kemudian anda bisa menentukan tipe alis seperti apa yang bisa dibentuk dari alis alami tersebut.

3. Melakukan Relaksasi Alis

Mencabut atau menghilangkan bulu alis adalah tindakan yang cukup berbahaya karena masih berhubungan dengan saraf. Untuk itu, sebaiknya lakukan relaksasi pada area di sekitar alis mata. Relaksasi bisa dilakukan dengan memijat ringan area tersebut menggunakan minyak sayur, minyak pohon teh, atau minyak zaitun. Dengan pemijatan relaksasi ini diharapkan efek terluka atau iritasi tidak akan anda alami.

4. Menggunakan Eyebrow Razor

Eyebrow Razor bisa menjadi alat untuk merapikan alis sebelum anda menggunakan pencukur alis. Alat ini tidak jauh berbeda dengan silet, untuk itu anda harus berhati-hati menggunakannya atau bila perlu meminta bantuan dari mereka yang sudah professional.

5. Memakai Gunting

Gunting juga bisa menjadi alat untuk merapikan alis. Bagi anda yang memiliki alis tidak teratur dan cenderung memanjang, gunting akan menjadi alternatif untuk menghilangkan bagian yang tidak rapi tersebut. Gunting yang disarankan adalah gunting khusus alis dengan bentuk pipih dan kecil. Setelah digunting, jangan lupa merapikan alis menggunakan sikat alis atau sisir alis sebelum dipoles menggunakan make up.

6. Pinset

Pinset menjadi alat kedua setelah anda merapikan alis dengan menggunakan pencukur alis atau gunting. Gunakan pinset untuk mencabut sisa bulu alis yang tidak habis terpotong oleh eyebrow razor.

7. Waxing

Metode waxing atau mencabut bulu dengan lilin dingin atau panas saat ini memang tengah tren menjadi metode kecantikan. Langkah ini juga bisa digunakan untuk mencabut alis yang tidak rapi dengan mengoleskan lilin panas atau dingin pada bagian alis yang tumbuh tidak rata tersebut. Tersedia wax dengan bahan lilin yang harus dilakukan oleh para professional atau dengan menggunakan gel, kain dan selotip yang bisa dimanfaatkan dan dilakukan sendiri di rumah. Namun, cara ini juga membutuhkan kehati-hatian dalam penggunaannya.

8. Threading

Bagi anda yang ingin merapikan alis sendiri di rumah, bisa juga menggunakan metode threading atau menarik alis menggunakan benang yang sudah diikat sedemikian rupa. Meski begitu, rasa sakit juga akan dialami dan para ahli menyarankan teknik ini dibandingkan waxing yang lebih mengandung risiko.

9. Krim Perontok

Dengan menggunakan krim perontok bisa jadi pekerjaan anda untuk merapikan alis akan lebih muda. Cara kerja krim perontok alis hampir sama dengan krim perontok bulu lainnya yang hanya perlu mengoleskan dan menunggu beberapa saat untuk diangkat. Namun, perlu diperhatikan bahwa krim yang digunakan untuk wajah haruslah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda. Hal ini disebabkan banyak krim perontok yang beredar hanya diutamakan untuk kulit bagian kaki atau tubuh saja, sedangkan kulit wajah dikenal jauh lebih sensitif.

10. Laser

Merapikan alis dengan menggunakan metode sinar laser hanya bisa dilakukan di salon atau klinik kecantikan yang sudah berkompeten. Cara ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena selain hasil yang instan, teknik merapikan alis dengan laser juga bisa bertahan selamanya (permanen).

11. Menggambar Alis

Teknik ini merupakan cara yang cukup rumit dan membutuhkan latihan dengan rutin untuk bisa menggambar alis dengan bentuk yang sempurna. Banyak tutorial merapikan dan membentuk alis menggunakan pensil alis yang bisa anda coba praktikkan tanpa butuh mencabut atau mencukur bulu alis dengan risiko yang cukup menyakitkan.

12. Cooling Gel

Bila ternyata anda sudah terlanjur melakukan pencabutan alis, lakukan treatment untuk mendapatkan alis yang sesuai dengan keinginan anda selanjutnya. Kemudian jangan lupa juga melakukan relaksasi di sekitar alis menggunakan cooling gel atau krim yang bisa mengurangi efek shock yang dirasakan kulit anda.

13. Diamkan Dalam Waktu yang Cukup

Pencabutan alis sebaiknya dilakukan sekitar 6 minggu sekali. Biarkan alis tumbuh secara natural untuk nantinya dirapikan kembali. Cara ini untuk mencegah iritasi yang mungkin saja dialami kulit sekitar alis anda.
Dari sekian banyak cara yang telah dipaparkan diatas, sebaiknya juga dilakukan dengan memerhatikan kondisi alis dan area sekitar mata. Kulit yang sensitif membutuhkan perhatian lebih agar bisa menerima efek dari tindakan waxing, cukur, cabut, dan sebagainya. Untuk merawat alis yang sudah terbentuk sesuai dengan keinginan anda, bisa dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan gel lidah buaya, khusus bagi anda yang ingin tampilan alis rapi dan tebal.
  • Menggunakan minyak almond atau minyak zaitun untuk menghasilkan alis yang hitam dan rapi.
  • Memanfaatkan bawang merah atau bawang bombay untuk membantu menghilangkan risiko alis beruban dan tampak lebih tebal.
  • Beberapa bahan alami tersebut bisa digunakan cukup dengan dioleskan saja pada alis anda, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih tanpa mengenai bagian mata.

Dengan mempraktikan salah satu langkah merapikan alis yang telah diulas pada bagian sebelumnya, anda bisa mendapatkan alis yang lebih rapi dan memudahkan anda ketika menggunakan make up. Perhatikan juga pemilihan kosmetik untuk alis dan sekitarnya karena bagian ini memang rentan akan iritasi. Gunakan produk dengan formula ringan dan alami untuk mencegah dari iritasi kulit yang lebih parah. Untuk pemilihan metode perawatan alis dengan bantuan tenaga professional, jangan lupa untuk memerhatikan kualitas peralatan yang digunakan serta tenaga yang berkompeten.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara merapikan alis yang bisa diaplikasikan di rumah maupun dengan bantuan tenaga professional untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.