Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Menyuburkan Rambut Agar Lebih Sehat, Tebal Dan Mudah Panjang

Rambut adalah mahkota bagi siapa saja. Untuk itu, memiliki rambut yang senantiasa sehat dan tumbuh subur menjadi kunci utama penampilan seseorang di hadapan umum. Rambut yang sehat, identik dengan pertumbuhannya yang lebat sekaligus memiliki kemilau hitam yang memukau mata. Namun, tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan menyuburkan rambut mereka dengan beragam faktor yang menyertainya. Inilah yang kemudian membuat banyak orang mencari cara menyuburkan rambut dengan cepat bahkan cenderung instan.

Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami

Menyuburkan rambut sejatinya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan yang tersedia dari alam. Tidak perlu lagi anda repot memikirkan waktu, biaya, serta efek samping dari banyaknya jenis kosmetik penyubur rambut. Sebab, dengan memilih menggunakan bahan alami, anda sudah mampu menyuburkan rambut dengan cepat dan hasil yang permanen. Berikut ini adalah beberapa cara menyuburkan rambut secara alami yang bisa dilakukan di rumah.

1. Lidah Buaya

Siapa yang tidak mengenal khasiat tanaman yang satu ini? Lidah buaya sudah terbukti efektif untuk mengembalikan kesuburan rambut secara permanen. Anda bisa mendapatkan rambut yang kembali lebat dan tebal hanya dengan rutin melakukan treatment lidah buaya. Ambil satu batang lidah buaya, cuci bersih kemudian kupas kulitnya. Cukup ambil beberapa bagian gel lidah buaya saja, kemudian oleskan pada rambut yang telah dibasahi terlebih dulu. Oleskan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama satu jam, kemudian anda bisa melakukan keramas seperti biasa.

Lidah buaya mengandung zat besi, vitamin C, niacin, kalsium, dan protein yang sangat berguna untuk kesuburan dan kekuatan akar rambut. Oleh karenanya, banyak dari orang zaman dulu memanfaatkan lidah buaya sebagai shampoo alami untuk mengembalikan kesehatan rambut dan kulit kepala mereka.

2. Kemiri

Minyak kemiri ternyata tidak hanya berkhasiat untuk menghitamkan rambut dan menghilangkan rambut bercabang. Minyak kemiri juga bisa diandalkan untuk mengatasi rambut yang tidak subur. Pertumbuhan akar rambut akan terangsang dengan baik lewat kandungan folat, magnesium, kalsium, fosfor yang ada pada kemiri. Buatlah minyak kemiri dari tujuh butir kemiri yang telah disangrai. Hancurkan kemiri yang telah disangrai dan menghitam dengan menggunakan alat tumbuk untuk mengeluarkan minyaknya. Peras kemiri dengan menggunakan kain lap halus dan tampung minyak kemiri dengan sendok makan.

Bila sudah didapatkan satu sendok makan minyak kemiri, anda bisa mengoleskannya pada kulit kepala secara perlahan. Pijat kulit kepala agar kandungan minyak kemiri meresap sempurna, kemudian tutup kepala dengan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih atau bisa juga dengan keramas menggunakan shampoo.

3. Madu

Madu mengandung banyak vitamin E, C dan vitamin A yang berfungsi menguatkan akar rambut dan menutrisinya untuk menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat. Bila anda juga memiliki rambut yang cenderung tipis, maka madu juga bisa menjadi jawaban keluhan anda tersebut. Gunakan madu murni untuk bahan olesan alami pada kulit kepala atau sekaligus rambut anda. Pijat kulit kepala anda dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat setelah 30 menit berselang. Madu juga bisa berfungsi sebagai pengganti kondisioner rambut yang membuat rambut tampil sehat alami.

4. Bayam

Sebagai salah satu jenis sayuran menyehatkan, bayam ternyata juga mengandung manfaat alami untuk membantu mengatasi masalah kesuburan rambut. Bayam bisa dikonsumsi sebagai ramuan alami untuk mengatasi kulit kepala yang terhambat pertumbuhannya. Sediakan satu genggam bayam yang telah dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan setengah cangkir air hangat beserta sedikit madu. Setelah tercampur, saring ramuan tersebut dan minum selagi hangat. Ramuan ini efektif mengembalikan kesuburan kulit kepala bila diminum dengan rutin setiap harinya.

5. Bawang Merah

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak, bawang merah juga berkhasiat alami untuk menyuburkan rambut. Bahkan, bagi anda yang mengalami masalah kerontokan maka bawang merah bisa menjadi solusi yang tepat untuk kulit kepala. Sediakan 5 siung bawang merah dan blender hingga halus. Tambahkan tiga sendok makan minyak kelapa pada bawang yang telah halus tersebut. Campuran ini bisa dioleskan pada bagian kulit kepala saja sambil dilakukan pemijatan ringan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa untuk menghilangkan aroma bawang yang masih melekat.

6. Seledri

Selain bawang merah, seledri juga berkhasiat alami untuk menyuburkan rambut. Kandungan antioksidan alami pada daun seledri sangat bermanfaat mengembalikan kesuburan dan kesehatan kulit kepala sekaligus mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Tumbuk halus daun seledri yang sudah dicuci bersih, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Biarkan masker ini meresap selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan shampoo.

7.Santan

Khasiat santan bukan hanya menghitamkan rambut dan membuat rambut tampak rapi saja. Santan kental dari satu butir kelapa parut juga bisa membantu masalah kesuburan rambut dan ketombe di kulit kepala. Untuk menghasilkan rambut yang sehat sekaligus lebat, anda bisa menggunakan satu mangkuk santan kental dari perasan pertama. Gunakan untuk membasuh kulit kepala sekaligus rambut yang telah dibasahi terlebih dulu. Diamkan rambut dan tutup menggunakan handuk hangat selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih dan lakukan keramas seperti biasa.

8. Kulit Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Vitamin C yang terkandung dalam buah apel sangat berfungsi menutrisi tubuh termasuk juga kulit kepala. Namun, untuk mengatasi kesuburan rambut, anda hanya perlu memanfaatkan kulit apel. Caranya, sediakan kulit apel segar yang kemudian dicuci hingga bersih. Haluskan kulit apel tersebut dengan ditumbuk dan tambahkan minyak esensial seperti zaitun atau minyak jarak. Setelah tercampur rata, gunakan bahan ini untuk memijat kulit kepala atau dapat juga dioleskan ke seluruh bagian rambut anda. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

9. Pisang

Pernah menggunakan pisang sebagai masker? Ya, manfaat pisang sebagai pelembab alami sekaligus mencegah kerontokkan bisa anda peroleh dengan rutin melakukan masker rambut menggunakan pisang. Haluskan satu buah pisang dan tambahkan sedikit madu didalamnya. Balurkan pada rambut anda sambil dipijat-pijat ringan, kemudian diamkan selama 30 menit saja. Bilas rambut menggunakan air dan shampoo untuk semakin merasakan manfaatnya.

10. Minyak Jarak

Minyak jarak berfungsi untuk menghindarkan kulit kepala dari iritasi serta mengurangi kerombe yang kemungkinan menjadi kendala kesuburan dan penyebab kerontokkan rambut. Oleh sebab itu, anda bisa juga rutin mengoleskan minyak jarak pada kulit kepala setiap malam dan membungkusnya semalaman. Bilas pada esok paginya untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat dan ternutrisi dengan baik sehingga bebas dari kerontokkan.

Penyebab utama kesuburan rambut bukan hanya berasal dari faktor eksternal saja, tetapi banyak juga yang disebabkan dari kondisi psikis seseorang. Pakar kesehatan rambut juga menjelaskan bahwa salah satu penyebab kesuburan rambut terhambat adalah kondisi kulit kepala yang tidak sehat dan kurang nutrisi. Selain itu, pengelolaan diri seseorang terhadap stres dan sejenisnya juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Oleh karenanya, sebelum mengatasi masalah kesuburan rambut, usahakan juga anda berupaya mengelola stres dalam diri anda serta mencukupi kebutuhan nutrisi yang tepat dari asupan makanan setiap harinya.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara menyuburkan rambut secara alami yang bisa diaplikasikan di rumah, untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.