Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

13 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat, Alami Dan Terbukti

Baik disadari ataupun tidak tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sangat ditakuti karena merupakan silent killer. Ini karena seseorang yang menderita tekanan darah tinggi umumnya tak menampakan gejala yang aneh atau berbeda. bahkan pada beberapa orang justru terlihat sehat dan baik-baik saja hingga kemudian beberapa masalah di tubuh muncul dan ternyata sudah tak bisa diatasi lagi.

Masalah tekanan darah ini sangat kompleks dan dapat menyebabkan berbagai masalah lain ddii tubuh sehingga penanganannya harus dilakukan segera. Karenanya rutinlah memeriksakan tekanan darah di layanan kesehatan terdekat. Masalah tekanan darah biasanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan. Tetapi terkadang obat-obatan tersebut dapat menimbulkan efek samping misalnya saja pusing, kram hingga susah tidur di malam hari.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Natural

Untungnya ada beberapa cara yang lebih alami untuk mengatasinya tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan. Ingin tahu bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mulailah Berjalan

Sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga jalan cepat merupakan cara menurunkan tekanan darah tinggi yang cukup efektif hingga 8 mmHg. Olahraga dengan jalan cepat ini sangat baik untuk membantu memompa darah ke jantung sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh lebih maksimal.

Lakukan olah raga jalan cepat ini setidaknya 30 menit setiap hari secara rutin dalam satu seminggu agar tekanan darah menjadi lebih stabil. Anda bisa mencoba meningkatkan kecepatan Anda berjalan sesuai ddengan kemampuan tubuh. Dan jangan memaksakan diri.

2. Tarik Napas Dalam-dalam

Olah pernapasan seperti meditasi ala qigong, yoga, dan tai chi ternyata merupakan cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan menekan produksi hormon stress, rennin. Sehingga tekanan darah jadi lebih terkontrol. Lakukan olah pernapasan ini selama 5 menit di pagi hari dan malam hari menjelang tidur agar membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Tarik napas dalam-dalam dan kembangkan diafragma Anda. Lalu hembuskan napas perlahan-lahan sekaligus lepaskan seluruh bebean yang ada di pikiran Anda.

3. Konumsi Buah dan Sayur Kaya Potasium

Potasium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Mineral potasium bisa ditemukan dalam sayur dan buah-buahan untuk membantu mencukupi kebutuhan kalium di dalam tubuh.
Setidaknya cukupi kebutuhan mineral potassium sebanyak 2000 hingga 4000 mg dalam sehari supaya membantu menstabilkan tekanan darah yang tinggi. Sumber nutrisi yang banyak mengandung mineral potassium biasanya terdapat pada ubi jalar, tomat, kentang, jeruk, pisang, mmelon, semangka dan kacang-kacangan juga buah-buahan kering seperti plum dan kismis.

4. Konsumsilah Garam dengan Cerdas

Menurut penelitian garam atau sodium dapat memberikan dampak negatif yang cukup signifikan terhadap penderita tekanan darah tinggi. Karenanya bagi Anda penderita hipertensi diharapkan dapat lebih cerdas ketika mengkonssumsi garam sebagai penyedap rasa masakan.
Direkomendasikan batas aman konsumsi ggaram pada penderita hipertensi adalah 1.500 mg tiap harinya. Sedangkan dalam satu sendok teh garam mengandung 1.200mg sodium. Jika Anda ingin lebih sehat maka cerdaslah ketika harus berhadapan dengan garam dan makanan olahan yang terasa gurih.

5. Cobalah Mencicipi Dark Cocholate

Dark cocholate memiliki kandungan flavanol yang dapat membuat pembuluh darah jadi lebih lentur dan elastis sehingga meminimalisir tekanan darah tinggi. Sebab tekanan darah tinggi terjadi karena adanya tekanan pada pembuluh darah yang berlebihan sehingga memicu masalah lain pada tubuh.
Ketika pembuluh darah lebih lentur dan elastis tentunya ini akan mengurangi tingkat tekanan pada pembuluh darah ketika jantung memompa darah. Pilihlah dark cocholate dengan kadar hingga 70% bukan yang sudah tercampur dengan cake atau pemanis lainnya, yang nantinya justru apat menimbulkan masalah obesitas.

6. Jauhi Minuman Beralkohol

Jika Anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi maka jauhilah minuman beralkohol. Bahkan konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan organ di dalam tubuh sehingga dapat memicu tekanan darah jadi tak terkendali. Alkohol memiliki sifat vasodilatasi atau melebarkan pembuluh darah, tetapi konsumsi secara berlebihan bahkan hingga kecanduan bisa memicu penyempitan pembuluh darah yang akhirnya dapat memperburuk kondisi tekanan darah.

7. Kontrol Berat Badan

Orang yang mengalami obesitas cenderung beresiko terkena tekanan darah tinggi. Oleh karenanya jika Anda memiliki berat badan berlebih maka turunkanlah mulai sekarang. Lakukan diet sehat dan banyak berolah raga agar berat badan Anda berkurang, sedikit saja berat ANda berkurang akan sangat berdampak baik untuk tekanan darah Anda. Jadi siapa bilang gemuk itu seksi?

8. Kurangi Asupan Gula dan Karbohidrat Sederhana

Penelitian mengunkapkan bahwa membatasi asupan gula dan karbohidrat sederhana ternyata merupakan cara menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus yang sangat efektif. Menurut penelitian tersebut, diet rendah karbohidrat bahkan mampu menurunkan tekanan darah hingga 4,5-5,9 mmHg. Karbohidrat sederhana meliputi nasi putih, roti putih, mi instan, susu full cream, gula pasir, madu, permen dan masih banyak lagi. Jadi selain mengurangi tekanan darah tinggi diet rendah karbohidrat juga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus meminimalkan resiko diabetes. Jadi mana yang akan Anda pilih?

9. Kurangi Konsusmsi Kafein

Meskipun banyak ahli yang memperdebatkan tentang efek kafein terhadap tekanan darah sejak lama. Ini karena senyawa kafein dapat meningkatkan tekanan darah dengan menyempitkan pembuluh darah dan memicu sstres jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika yang kopi yang Anda konsumsi hanya satu gelas tiap hari tentu tidak ada masalah, berbeda jika Anda mengkonsumsinya hingga lebih dari 5 cangkir sehari. Jadi jangan banyak-banyak mengkonsumsi kopi, ya? Apalagi kopi hitam yang kental.

10. Jangan Lupa Minum Teh

Cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya ialah dengan memperbanyak konsumsi teh. Menurut penelitian, mengkonssumsi tiga cangkir teh hibiscus setiap hari mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan bahkan setara dengan konsumi obat-obatan penurun tekanan darah. Hal ini karena kandungan senyawa fitokimia yang terdapat di dalam teh hibiscus yang bertindak sebagai penurun tekanan darah secara alami.

11. Jangan Terlalu Lelah Bekerja

Penelitian menunjukan pekerja yang bekerja lebih dari 41 jam seminggu baik di kantor maupun tempat lain berisiko mengalami tekanan darah tinggi sekitar 15%. Kerja lembur membuat seseorang sulit berolahraga dan menjaga pola makan sehat, sehingga tubuh mendapat asupan yang kurang memadai dengan istirahat yang kuran. Seorang yang lelah cenerun lebih mudah stres sehingga lebih rentan terkena hipertensi. Jadi lebih sayang mana, kesehatan atau pekerjaan Anda, pikirkan baik-baik.

12. Konsumsi Kemangi

Ada cara yang terbilang sangat mudah dan cukup efektif menurunkan tekanan darah, misalnya saja dengan mengkonsumsi kemangi. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau memasukannya pada masakan seperti sayur, pepes atau lalapan. Di dalam kemangi terdapat senyawa eugenol yang mampu mengatasi penyempetina pembuluh darah yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

13. Coba Minuman Herbal

Pengobatan dengan bahan-bahan herbal sudah sejak dahulu kala ada, termasuk untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Seperti kayu manis dan jahe, keduanya mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi tekanan darah. Menkonsumsi jahe hangat yang dicampurkan dengan kayu manis bisa jadi solusi yang lebih aman untuk menjaga tekanan darah tetap stabil bagi penderita hipertensi.

Demikian informasi tentang bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara-cara alami. tekanan darah tinggi terjadi karena ada berbagai faktor terutama yang berkaitan ddengan gaya hidup dan stress. Jadi jika Anda merasa lebih cepat marah dan juga stress, segeralah periksakan diri ke layanan kesehatan terdekat sebagai langkah antisipatif. Selain itu jaga tubuh Anda untuk selalu bergerak dan beraktifitas tetapi tetap terkontrol supaya tububjadi lebih sehat dan segar. Segera kunjungi petugas medis terdekat jika terjadi masalah kesehatan yang memburuk. Semoga bermanfaat!

Pencarian:

  • cara menurunkan tekanan darah dengan cepat
  • cara agar cepat tinggi loc:ID
  • cara menurunkan darah tinggi dengan cepat secara alami loc:ID
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.