Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

17 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Mudah, Aman Dan Manjur

Daya tahan tubuh manusia bisa berada pada kondisi yang menurun bila terpengaruh oleh cuaca, atau kondisi lingkungan yang tidak sehat. Untuk itu, meningkatkan daya tahan tubuh adalah hal yang penting agar bisa menjalani aktifitas anda secara normal dan sehat. Cara meningkatkan daya tahan tubuh pun terbilang bermacam-macam jenisnya. Mulai dari mengonsumsi suplemen kesehatan, hingga berbagai macam olahraga yang dianjurkan untuk membantu sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh seperti berolahraga dan mengonsumsi suplemen adalah hal yang wajar dilakukan. Akan tetapi, kekebalan imun juga penting dijaga melalui beberapa metode alami seperti konsumsi jenis makanan tertentu serta melakukan kebiasaan yang menunjang kesehatan itu sendiri.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Alami

Dilansir dari Huffington Post, terdapat beberapa langkah alami yang bisa dilakukan seseorang untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dari serangan penyakit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi Bawang Putih

Aromanya yang menyengat mungkin menjadi kendala bagi siapa saja untuk memanfaatkan bawang putih sebagai cara alami meningkatkan kesehatan. Padahal, bawang putih sudah terbukti khasiatnya untuk berbagai macam penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi dan masih banyak lagi. Menurut pusat Kedokteran Universitas Maryland, bawang putih juga bisa anda gunakan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh paling efektif jika dikonsumsi dengan rutin dan sesuai anjuran kesehatan.

2. Rempah Jahe

Jahe bukan hanya berfungsi sebagai penghangat badan alami, tetapi juga ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Jahe mengandung antioksidan yang sangat kuat untuk membantu berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan pernapasan hingga mengatasi tubuh yang kelelahan.

3. Sup Ayam

Sup Ayam menjadi menu andalan ketika seseorang tengah dilanda lemas atau letih berkepanjangan. Sup ayam yang terbuat dari daging ayam sedikit lemak dan sayuran segar mengandung anti peradangan yang efektif untuk menghambat migrasi darah putih ke saluran pernapasan bagian atas yang akan menimbulkan efek lega serta mengatasi demam.

4. Olahraga

Melakukan olahraga dengan rutin juga menjadi solusi bagi anda yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh secara cepat. Olahraga juga tidak selalu dilakukan dengan keras dan anda bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik anda. Bahkan dengan naik-turun tangga selama satu menit serta dilengkapi dengan yoga diakhir sesi juga bisa membantu kestabilan sistem imun anda.

5. Minum Teh

Pagi dan sore hari adalah cara yang efektif untuk merelaksasikan pikiran. Salah satu minuman yang dianjurkan saat tersebut adalah teh dengan kandungan gula yang ringan atau tanpa gula sama sekali. Menikmati teh pada saat yang tepat akan membantu tidur anda lebih nyaman sehingga sistem imun tubuh juga bisa stabil.

6. Yoghurt

Probiotik yang terdapat dalam yoghurt mampu menjadi peningkat kekebalan tubuh secara alami. Yoghurt kaya akan kandungan vitamin D serta berefek baik pada psikologis manusia yang bisa menimbulkan rasa bahagia. Dengan kondisi fisik dan mental yang sehat, sistem imun pun akan stabil dengan cepat.

7. Tertawa

Tertawa menjadi salah satu obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang sering menurun. Pasalnya, seseorang dengan kebahagiaan akan mudah mengatasi berbagai permasalahan dalam hidupnya sehingga tingkat stres juga akan turun dan berpengaruh dalam meningkatkan sistem imun anda.

8. Berjemur

Panas matahari pagi mengandung banyak vitamin alami yang berguna untuk kesehatan tubuh. Berjemur di bawah terik matahari sebelum pukul 9.00 pagi, disarankan untuk membantu metabolisme tubuh menjadi normal dan daya tahan tubuh terhadap penyakit juga akan meningkat.

9. Sayur Bayam

Bayam termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang dianjurkan untuk membuat kondisi tubuh lebih sehat dan kuat. Kandungan folat yang terdapat dalam sayuran ini berguna untuk menjadikan kekebalan tubuh menjadi lebih baik sekaligus menghasilkan sel-sel baru pada tubuh. Inilah yang nantinya membuat sistem pertahanan tubuh menjadi lebih stabil. Konsumsi bayam setiap minggu efektif membantu produksi sel darah yang akan meningkatkan sistem imun anda.

10. Jamur

Jenis jamur yang bisa dikonsumsi mungkin hanya beberapa saja, seperti jamur tiram, jamur kancing, atau jamur kuping. Jamur mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk tulang serta sebagai alternatif menu untuk meningkatkan imunitas anda. Anda bisa memasukan jamur sebagai menu makan siang seminggu sekali untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

11. Lemon

Sebagai sumber vitamin C tinggi, lemon juga dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan secara alami. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon bermanfaat untuk menekan berbagai serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, lemon juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang sangat mengancam kesehatan. Cukup dengan mengonsumsi jus lemon secara rutin setiap dua hari sekali untuk membantu metabolisme tubuh anda.

12. Madu

Khasiat madu sebagai penunjang kestabilan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Madu mengandung antioksidan alami yang juga bersifat antibiotik serta antiseptik. Madu bisa menjadi pilihan anda untuk meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsinya setiap hari sebanyak satu sendok makan setelah sarapan pagi. Cara ini efektif untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara cepat.

13. Ikan

Kolaborasi protein dari ikan laut yang juga kaya akan kandungan mineral sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Menu ikan laut disarankan bagi anda yang memang tidak memiliki alergi terhadap jenis sajian laut untuk membantu menstabilkan kondisi tubuh setelah melakukan rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Jadikan ikan sebagai menu harian anda agar kebutuhan protein tetap terpenuhi dan terhindar dari serangan penyakit.

14. Banyak Konsumsi Air Putih

Manfaat air putih bagi kesehatan sudah banyak dibuktikan. Dengan rutin mengonsumsi air putih sesuai anjuran (2 liter per hari), maka anda sudah melakukan investasi terhadap kondisi daya tahan tubuh anda.

15. Buah-Buahan

Asupan vitamin secara menyeluruh bisa anda peroleh dari rutin mengonsumsi buah-buahan segar. Berbagai jenis buah bisa menjadi pilihan anda untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh seperti apel, strawberry, alpukat, pepaya, dan banyak lagi lainnya. Selain buah, anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin dari sayuran berwarna lainnya.

16. Liburan

Liburan bisa membuat daya tahan tubuh meningkat? Jawabannya, Iya. Liburan menjadi salah satu alternatif untuk kondisi psikologis anda. Liburan hampir sama dengan tertawa yang mengurangi tingkat stres sehingga produksi hormon serta metabolisme tubuh bisa berjalan normal. Ketika metabolisme sudah normal, inilah yang akan membantu daya tahan tubuh anda tetap stabil.

17. Istirahat Cukup

Tidur dengan kualitas yang baik akan membantu tubuh anda menyerap asupan nutrisi secara maksimal, serta memanfaatkan nutrisi tersebut sebagai bahan penunjang metabolisme. Usahakan anda mendapatkan istirahat yang berkualitas baik dari segi sarana istirahat, suasana, hingga kenyamanan fisik maupun mental.

Dengan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, anda sudah tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen penunjang imun yang tentu memiliki risiko jangka panjang. Selain itu, manfaat yang bisa anda peroleh ketika daya tahan tubuh stabil adalah memiliki tubuh yang bugar dan sehat setiap hari serta optimisme pikiran yang bisa meningkatkan kualitas hidup anda.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara menghilangkan daki yang bisa diaplikasikan di rumah secara aman dan tanpa efek samping untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.