Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

15 Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Dengan Cepat, Alami Dan Ampuh

Pernah merasakan sariawan di lidah? Rasanya sangat mengganggu dan menyakitkan bukan? Anda tidak akan nyaman saat ingin makan sesuatu, rasanya perih sekali. Bahkan mau minum pun akan terasa sangat nyeri.

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah Secara Alami

Nah, berikut ini adalah cara mengatasi sariawan di lidah secara alami, antara lain:

1. Mencampurkan garam dengan baking soda

Cara pertama mungkin akan sedikit terasa perih di lidah, namun cukup ampuh untuk mengatasi sariawan. Yaitu menggunakan campuran garam dan baking soda. Anda bisa mengoleskan campuran kedua bahan tersebut ke bagian sariawan yang ada di lidah, akan ada sensasi perih di lidah namun lama-lama hilang.

2. Mengkonsumsi yoghurt original

Yoghurt biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Nah, ternyata selain mengatasi masalah pencernaan yoghurt juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi sariawan, karena akan mengobati dengan cara menyeimbangkan bakteri penyebab sariawan. Anda tinggal mengkonsumsi yoghurt saja langsung. Namun harus yoghurt tanpa ada tambahan gula ya, alias yang original.

3. Mengoleskan minyak kelapa dan madu

Selanjutnya Anda bisa menggunakan campuran minyak kelapa dan madu untuk mengatasi sariawan di lidah Anda. Ini bisa menjadi cara alami yang sangat efektif untuk mengatasi radang karena sariawan. Caranya juga sangat mudah tinggal mencampurkan kedua bahan kemudian mengoleskannya ke lidah Anda.

4. Mengunyah daun jambu biji

Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk mengatasi sariawan, daun ini juga biasanya digunakan sebagai obat alami untuk sembelit. Anda bisa langsung memakannya, namun jangan menelannya ya hanya mengunyahnya saja.

5. Mengoleskan kunyit

Pasti saja kunyit selalu ada dalam pengobatan herbal untuk jenis apapun. Misalnya saja untuk mengatasi kadas, dan sekarang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan yang ada di lidah. Cara pengaplikasiaanya mudah, Anda tinggal menyiapkan kunyit kemudian menumbuknya sampai halus dan mengoleskannya pada bagian sariawan di lidah.

6. Konsumsilah banyak buah yang mengandung vitamin C

Selanjutnya Anda juga sebaiknya bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Banyak sekali obat sariawan yang terbuat dari kandungan vitamin C. Nah, Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin C dari buah-buahan, seperti jambu, jeruk dan juga mangga.

7. Mengonkusmsi madu dan pisang secara bersamaan

Selanjutnya Anda juga bisa memanfaatkan campuran pisang dan madu untuk mengobati sariawan secara alami. Anda bisa membuat olahan makanan dari kedua bahan ini. Caranya adalah dengan menghaluskan pisang kemudian menambahkan madu, ini sangat ampuh untuk mengatasi peradangan.

8. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi

Zat besi juga sangat penting, terutama untuk mengatasi sariawan. Zat besi juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa makanan yang mengandung zat, besi di antaranya seperti bayam, brokoli dan gandum.

9. Minumlah air kelapa

Air kelapa biasanya akan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami dehidrasi dan kekurangan cairan, namun selain itu ternyata air kepala juga sangat baik dikonsumsi terutama oleh mereka yang memiliki sariawan di lidah. Ini akan membantu mengatasi sariawan langsung dari dalam tubuh.

10. Memanfaatkan gel lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal akan sifat anti bakteri dan anti inflamasinya, sehingga tidak heran jika gel ini banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Untuk masker rambut, untuk menyehatkan kulit, dan sekarang untuk mengatasi sariawan di lidah. Dengan mengoleskan gel lidah buaya, akan membantu secara alami mengurangi rasa nyeri, radang dan bengkak di lidah. Anda tinggal mengambil gel yang ada di daunnya kemudain mengoleskannya pada lidah. Atau jika ingin di jus juga tidak apa-apa.

11. Berkumur menggunakan es batu

Orang yang mengalami pembengkakan biasanya akan sangat disarankan untuk menempelkan es batu ke bagian bengkaknya. Nah, Anda juga bisa melakukannya pada sariawan yang terjadi di lidah. Ini karena sariawan juga mengalami peradangan namun tempatnya berbeda, bukan di kulit. Untuk mengatasi sariawan dengan es batu, Anda bisa berkumur dengan es batu hingga es nya mencair. Setelah mencair, buang airnya dari dalam mulut. Lakukan cara ini 2 kali sehari agar peradangannya cepat sembuh.

12. Mengoleskan tepung maizena

Tepung maizena atau tepung jagung mungkin sedikit terdengar aneh, karena ini biasanya digunakan untuk memasak. Namun katanya tepung ini juga sangat ampuh untuk memberikan efek dinging terutama pada bagian sariawan Anda. Caranya adalah campurkanlah 1 sendok makan tepung maizena ke dalam air, lalu aduk hingga membentuk pasta, baru oleskan ke bagian sariawannya. Diamkan selama 10 menit atau lebih lama juga tidak apa-apa, setelah itu kumur-kumur menggunakan air garam.

13. Mengoleskan minyak cengkeh

Minyak cengkeh biasanya digunakan untuk menghangatkan dan mengurangi rasa nyeri terutama pada bagian tubuh yang bengkak, biasanya mereka yang mengalami sakit gigi juga selalu mengurangi rasa nyeri dengan minyak ini. Nah, Anda juga bisa mengaplikasikannya bagian lidah yang terkena sariawan. Caranya langsung saja oleskan cengkeh pada bagian sariawan, kemudian diamkan selama 3-5 jam atau lebih lam juga tidak apa-apa, selanjutnya Anda bisa berkumur menggunakan air garam. Lakukan pengobatan sariawan dengan cara ini secara ruti agar lidah Anda cepat sembuh dari sariawan.

14. Mengoleskan susu pada bagian sariawan

Susu adalah salah satu minuman yang diperkaya akan kandungan kalsium dan sangat dianjurkan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, selain untuk tulang ternyata susu juga sangat ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri pada lidah akibat sariawan. Susu bisa membantu proses penyembuhan secara alami.

Cara pengaplikasiaanya juga tidak sulit, Anda tinggal menuangkan susu ke dalam mangkuk kecil kemudian celupkan secubit kapas, dan tempelkan pada bagian lidah yang terkena sariawan. Tempelkan selama beberapa menit 10-15 menit, kemudian lepaskan kapas. Lakukan pengobatan secara berulang agar sariawan bisa segera sembuh.

15. Menggunakan ekstrak vanilla

Vanilla biasanya digunakan untuk membuat wangi makanan. Kandungan anti infeksi dan anti biotik di dalam vanilla juga cukup tinggi sehingga sangat ampuh untuk mengatasi adanya infeksi yang disebabkan karena bakteri dan juga virus. Cara pengaplikasiaanya juga sangat mudah, Anda tinggal mencelupkan kapas pada air ekstrak vanilla kemudian menempelkannya ke lidah dan diamkan selama beberapa menit. Lakukanlah pengobatan secara berulang agar kondisi sariawan Anda cepat sembuhnya.

Itulah 15 cara mengatasi cara sariawan di lidah secara alami dan tanpa ada efek samping apapun. Anda bisa memilih cara mana yang paling mudan dan sangat cocok untuk Anda aplikasikan pada luka sariawan Anda. Kondisi sariawan pada umumnya bisa terjadi pada siapa saja dan mungkin penyakit mematikan jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir. Memang beberapa orang ada yang terserang sariawan sampai parah, namun kondisi tersebut pada umumnya akan berangsur membaik dalam waktu 1 minggu.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.