Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

13 Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Dengan Cepat Dan Terbukti Ampuh

Rasa gatal di area selangkangan bisa menyerang siapa saja dan bisa terasa sangat mengganggu yang kadang juga dapat menyebabkan masalah lain pada kulit. Sensasi rasa gatal tersebut biasanya terjadi karena adanya infeksi jamur pada kulit yang biasanya diikuti rasa panas seperti terbakar dan kulit memerah.

Gatal di selangkangan ini biasanya menular, sehingga jangan berbagi barang-barang pribadi dengan orang lain untuk mencegah penularan. Meskipun bukan kondisi medis yang serius, tetapi rasa gatal terebut bisa meninggalkan rasa yang sangat tidak nyaman dan terkadang sedikit memalukan.

Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Yang Ampuh

Untungnya saja ada beberapa bahan alami rumahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Penasaran bagaimana cara mengobati gatal di selangkangan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Bersihkan Tubuh

Mengatasi rasa gatal yang pertama adalah mandi. Cara ini sangat efektif untuk meredakan gatal yang sangat mengganggu. Dengan membersihkan tubuh secara menyeluruh, kuman dan bakteri termasuk jamur yang memicu rasa gatal bisa disingkirkan jauh-jauh. Disarankan untuk menggunakan sabun yang mengandung antiseptik agar lebih efektif mengurangi rasa gatal sekaligus mencegahnya muncul kembali, misalnya seperti sabun yang mengandung tea tree oil.

2. Hindari Pakaian Ketat

Tak hanya jamur saja yang dapat menyebabkan gatal di selangkangan tetapi penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga dapat memicu timbulnya rasa gatal. Untuk mengatasinya cobalah untuk menghindari pemakaian celana yang terlalu ketat supaya kulit di area tersebut dapat bergerak leluasa. Sehingga meminimalkan munculnya rasa gatal yang mengganggu.

3. Gunakan Bedak Penghilang Rasa Gatal

Anda juga dapat mengatasi rasa gatal di selangkangan dengan memanfaatkan bedak penghilang rasa gatal. Biasanya bedak ini mengandung bahan-bahan aktif yang aman tapi mampu mengurangi gatal di kulit termasuk di area selangkangan. Taburkan bedak gatal di seluruh area selangkangan yang terasa gatal.

4. Ubah Pola Diet

Perubahan dalam pola diet Anda bisa saja sangat berpengaruh pada gatal yang Anda rasakan di area selangkangan. Sebab ada beberapa makanan yang tinggi kandungan gula dan karbohidratnya ternyata memicu tumbuhnya jamur yang menyebabkan gatal di selangkangan.
Untuk itu ubahlah pola makan Anda lebih sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur kaya nutrisi setiap hari. Perlu diketahui juga bahwa minuman beralkohol, terutama bir ternyata juga dapat memicu tumbuhnya jamur di tubuh. Sehingga jika Anda tak inggin mmerasa gatal di selangkangan maka hindari minuman tersebut dan beralihlah pada gaya hidup sehat.

5. Gunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil memiliki sifat antijamur alami yang dapat menghilangkan panu dan mengobati area selangkangan yang gatal secara efektif termasuk juga di bagian kulit lainnya. Di dalamnya juga terdapat unsur-unsur yang mampu membersihkan sekaligus menstimulasi kulit yan terinfeksi karena kandungan antibakteri alaminya yang cukup kuat. Karenanya minyak esensial dari pohon teh ini mampu meringankan rasa gatal dan juga peradangan akibat infeksi jamur atau hal lainnya.

Gunakan bola kapas yang sudah ditetesi tea tree oil pada area kulit yang gatal dua kali sehari. Lanjutkan hingga gejalanya mereda dan hilang sepenuhnya. Untuk mengatasi rasa perih saat dioleskan ke kulit, Anda dapat menambahkan minyak kelapa.

6. Coba Gunakan Cuka sari apel

Membersihkan kulit di area selankangan yang terasa gatal dengan cuka sari apel yang telah diencerkan sebelumnya bisa jadi cara mengatasi gatal di selangkangan yang cukup efektif. Gunakan dua hingga tiga kali sehari terutama sebelum tidur dan ulangi hingga rasa gatal mereda.
Hal ini karena cuka sari apel memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang cukup kuat sehingga mampu mengatasi dan menyembuhkan berbagai masalah kulit termasuk gatal-gatal di selankangan. Cuka sari apel juga bermanfaat untuk menghilangkan bruntus di wajah.

7. Oleskan Alkohol

Alkohol 70% merupakan obat rumahan yang terbilang efektif untuk meredakan rasa gatal di selangkangan. Ini karena alkohol mampu membersihkan kulit dari bermacam infeksi baik dari jamur maupun bakteri yang menyebabkan munculnya rasa gatal. Celupkan kapas pada alkohol 70% lalu usapkan paa area kulit yang terasa gatal. Lakukan beberapa kali sehari sampai rasa gatal mereda sepenuhnya.

8. Oleskan Listerine

Listerine memang dikenal sebagai obat kumur tetapi tak hanya mampu membersihkan mulut saja. Sebab obat kumur ini juga ternyata dapat mengobati rasa gatal di selangkangan terutama yang diakibatkan oleh adanya infeksi jamur. Ini berkat sifat antiseptik dan antijamur serta antibakteri yang dimiliki Listerine.

Usapkan kapas yang sudah ditetesi cairan Listerine sebelumnya pada area yang gatal dan biarkan sampai mengering. Perlu diingat karena listerin bisa menyebabkan rasa perih maka usahakan untuk jangan oleskan pada kulit yang terluka.

9. Gunakan Cuka Putih

Memiliki sifat antijamur dan antiseptik, cuka putih juga dapat membantu mengobati gatal di selangkangan yang diakibatkan karena infeksi. Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1: 4. Lalu rendam kapas ke dalam larutan tersebut dan gunakan untuk mencuci area yang gatal. Cuci dengan lembut dan menyeluruh, dan biarkan mengering dengan sendirinya tanpa perlu dibilas. Ulangi satu atau dua kali sehari.

10. Gunakan Minyak Bunga Lavender

Minyak bunga lavender atau lavender oil juga sangat bermanfaat mengobati cacar air dan meredakan rasa gatal di kulit selangkangan. Ini karena esenial oil yang satu ini juga memiliki antiseptik serta sifat antijamur alami yang mampu mengurangi rasa gatal sekaligus menyembuhkan penyebab infeksi tersebut. Karena kandunannya yang ringan, minyak bunga lavender ini terbilang aman bahkan jika digunakan pada anak-anak sekalipun.

11. Dinginkan dengan Lidah Buaya

Banyak salah masalah kulit yang bisa di atasi dengan lidah buaya, termasuk masalah gatal di kulit selangkangan. Dan merupakan solusi alami terbaik untuk mengobati gatal yang terjadi karena infeksi kulit. Penelitian menunjukan bahwa lidah buaya memiliki sifat antijamur, anti-inflamasi dan antiseptik serta tak ketinggalan sifat antibakteri yang mampu mengurangi rasa tidak nyaman karena gatal.

Di dalam lidah buaya juga terdapat kandungan glikoprotein yang membantu mempercepat proses penyembuhan dengan menghentikan rasa sakit dan peradangan karena infeksi.

12. Kombinasi Madu dan Bawang Putih

Perpaduan bawang putih dan madu juga dapat mengobati rasa gatal di selangkangan juga. Ini karena kedua bahan tersebut telah dikenal manfaatnya, misalnya saja seperti bawang putih yang merupakan pembunuh bakteri alami sementara madu mengurangi peradangan dan mengurangi sensasi gatal yang timbul.
Lumatkan bawang putih hingga lembut lalu campurkan madu dan aduk merata. Oleskan tipis-tipis di area yang gatal, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

13. Mandi dengan Air Garam

Mandi dengan menggunakan air garam merupakan salah satu cara mengobati gatal di selangkangan yang paling simpel dan mudah tetapi cukup efektif. Garam membantu mencegah tumbuhnya jamur yang memicu rasa gatal serta membantu menyembuhkan infeksi dengan cepat.

Anda dapat menggunakan garam khusus untuk mandi, atau jika tidak tersedia garam meja atau garam dapur pun juga dapat digunakan sebagai alternatif.Siapkan bak mandi berisi air hangat lalu masukan garam yang cukup banyak. Kemudian gunakan untuk berendam selama 20 hingga 30 menit.

Demikian informasi tentang bagaimana cara mengobati gatal di selangkangan dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Gatal di area selangkangan bisa saja mengenai siapa pun baik laki-laki maupun perempuan. Dan penyebabnya pun sangat beragam, mulai dari kebersihan yang kurang terjaga hingga masalah medis. Karenanya sebelum mengobatinya ketahui lebih dulu penyebabnya supaya pengobatan yang diberikan lebih efektif dan maksimal. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.