Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

13 Cara Mengobati Cacar Air Agar Tidak Menular Dan Menyebar Dengan Mudah

Ketika anak-anak terlihat seperti sedang flu dan di kulitnya terlihat ruam merah yang terasa gatal, sebaiknya periksa apakah itu cacar air atau bukan. Cacar air merupakan infeksi yang sangat menular dan timbul karena adanya infeksi virus varicella zoster. Penyakit yang dalam bahasa medis sering kali disebut varisela ini kebanyakan menyerang pada anak-anak di bawah usia 15 tahun, meskipun demikian siapa pun bisa mengalaminya jika terpapar langsung tak terkecuali orang dewasa sekalipun.

Cara Mengobati Cacar Air secara Alami dan Efektif

Biasanya cacar air tidak memerlukan pengobatan khusus sebab infeksinya akan mereda sendiri dan sembuh seiring kekebalan tubuh yang meningkat. Pengobatan di lakukan hanya untuk mengurangi gejala yang mungkin sangat mengganggu. Ingin tahu bagaimana tipsnya, berikut cara mengobati cacar air dengan perawatan alami di rumah.

1. Konsumsi Lebih Banyak Cairan

Cara pertama yang paling mudah dan efektif ialah dengan minum banyak cairan, supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. Supaya kekebalan tubuh tak semakin menurun dan mampu melawan infeksi virus. Minumlah air putih yang banyak dan hindari makanan yang bertekstur keras, asin dan juga pedas. Konsumsilah makanan yang bertekstur lunak, misalnya saja sup yang telah didinginkan.

2. Kenakan Sarung Tangan dan Kaus Kaki saat Malam Hari

Ruam dan bintik-bintik merah karena cacar air bisa terasa sangat gatal, namun jika Anda menggaruknya bisa menimbulkan infeksi. Jadi sangat penting untuk mengurangi rasa gatal tersebut, karenanya jangan sekali-kali menggaruknya jika tak ingin menimbulkan bekas luka nantinya.

Ketika terasa gatal, tepuk-tepuk saja dengan tisu atau kain yang bersih jangan digaruk langsung supaya meminimalisir infeksi yang bisa saja terjadi. Lebih baik gunakan sarung tangan agar lebih aman ketika ingin menggaruk kulit yang terasa gatal. Selain itu memakai pakaian yang berbahan katun dan longgar juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang mengganggu.

3. Cobalah Daun Intaran atau Neem

Daun intaran atau daun neem dikenal karena sifat antivirus alaminya yang dapat digunakan sebagai cara mengobati cacar air secara alami. Rebus beberapa lembar daun intaran dan minum air rebusannya seperti meminum teh, tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa. Anda pun juga dapat menambahkan rebusan daun intaran dalam bak mandi penuh air, dan gunakanlah untuk mandi. Hal ini juga dapat membantu meredakan gatal dan mengurangi peradangan pada kulit.

4. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan bahan rumahan yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, tak terkecuali untuk mengatasi masalah cacar air. Cara mengobati cacar air dengan cuka sari apel ini cukup simpel, encerkan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air kemudian oleskan pada bintik-bintik merah cacar air yang melepuh. Kandungan asam yang ada pada cuka sari apel mampu membantu meredakan rasa gatal sekaligus mempercepat proses pengeringan bintik merah tersebut. Tetapi jangan dioleskan pada cacar air sudah melepuh. Sebaiknya dihindari dan oleskan pada cacar air yang belum meletus.

5. Gunakan Baking Soda

Salah satu cara mengobati cacar air yang tak kalah efektif ialah dengan menggunakan baking soda yang dicampur dengan air dan diaduk hingga jadi pasta yang kental. Pasta tersebut lalu dioleskan ke permukaan kulit lalu dibiarkan mengeringering. Bahan aktif yang terdapat pada baking soda dapat mengurangi rasa gatal dan nyeri yang diakibatkan cacar air yang melepuh. Selain itu juga dapat membantu mengurangi bekas luka yang diakibatkan cacar air yang melepuh.

6. Coba Buat Sup Wortel dan Daun Ketumbar

Ketumbar memang rempah yang populer dan kerap digunakan untuk bumbu masakan. Tetapi jangan salah karena ketumbar juga merupakan salah satu obat herbal yang berkhasiat termasuk daunnya. Terlebih lagi jika dipadukan dengan wortel yang kaya vitamin dan antioksidan, tentunya akan semakin membantu proses penyembuan. Buatlah sup dari perpaduan wortel dan daun ketumbar, dan konsusmsi sehari sekali hingga gejala mereda.

7. Madu

Siapa yang tak kenal manisnya madu, rasa manisnya bahkan tak sekedar lezat dilidah tetapi juga mampu menyembuhkan penyakit, termasuk cacar air. Ini karena madu kaya akan senyawa aktif yang secara alami mampu mengurangi peradangan sekaligus iritasi.
Selain itu madu juga bersifat antibakteri, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi sekunder yang mungkin terjadi ketika Anda tak sengaja mengaruk cacar air. Anda dapat mengoleskan secara madu langsung pada cacar air dan diamkan beberapa saat agar kandungannya meresap ke kulit, setelah itu bilaslah seperti biasa.

8. Mandi Oatmeal

Di beberapa Negara, mandi dengan air hangat yang dicampur dengan oatmeal mampu mengurangi rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan cacar air. Haluskan dulu dua gelas kecil oatmeal lalu masukan ke bak mandi yang berisi air hangat, kemudian gunakan untuk berenam selama 20 satau 30 menit. Lakukan sehari sekali hingga cacar air mereda.

9. Garam Epsom

Garam Epsom berbeda dengan garam dapur yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Ini karena garam Epsom merupakan senyawa kimia anorganik yang di alamnya terkandung sulfur, magnesium dan juga oksigen yang sangat baik untuk kesehatan.

Namun tidak untuk dimakan, penggunaanya hanya untuk pengobatan luar termasuk mengobati cacar air, yang membantu mengurangi rasa gatal dan membuatnya cepat mengering. Isilah bak mandi dengan air hangat dan beberapa sendok garam Epsom, lalu berendamlah di bak mandi tersebut selama 20-30 menit. Lakukan sehari satu kali saja an ulangi hinga cacar air mereda.

10. Minyak Cendana

Beberapa minyak esensial dapat dikombinasikan dan digunakan bersama air mandi untuk menyembuhkan cacar air secara alami. Sa;ah satu yang tetapi sangat efektif ialah minyak cendana, sebab minyak tersebut memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Anda juga dapat mengoleskannya secara langsung pada cacar air untuk membuatnya kering dan menyembuhkannya lebih cepat. Minyak esensial ini juga mampu meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi infeksi sekunder yang mungkin bisa muncul.

11. Melati

Bunga melati dikenal luas karena memiliki aroma khas yang memikat dengan tampilan bunga yang putih nan cantik. Tak heran jika banyak yang menggemari bunga asli Indonesia ini. Tetapi tak hanya itu saja, bunga melati yang kerap dijadikan teh ini ternyata juga dapat menyembuhkan cacar air secara alami.

Ini karena bunga melati memiliki senyawa anti-inflamasi alami yang mampu mengurangi rasa gatal dan iritasi yang disebabkan oleh cacar air. Anda dapat meminum teh bunga melati setiap hari sesuai selera, atau menambahkannya pada air mandi Anda sebagai cara menyembuhkan cacar air secara alami.

12. Vitamin D

Sinar matahari juga bisa menjadi salah satu cara mengobati cacar air secara alami. Mendapatkan sedikit sentuhan sinar matahari dapat membantu proses penyembuhan cacar air dengan lebih cepat. Ini karena sinar matahari mengandung provitamin D yang kemudian diubah menjadi vitamin D di dalam tubuh.
Vitamin D merupakan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit, sehingga jangan takut berjemur meski tengah mengalami cacar air. Pilih waktu yang tepat antara jam 6 hingga jam 10 pagi, ini waktu yang bagus untuk menapatkan sinat matahari yang bermanfaat.

13. Minyak Bunga Lavender

Minyak bunga lavender merupakan cara mengobati cacar air yang cukup efektif sekaligus mengurangi iritasi kulit dan gatal yang timbul. Campurkan minyak bunga lavender dan minyak almond atau minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang memerah karena cacar air dan biarkan mengering. Lakukan dua kali sehari pagi dan sore sebelum tidur hingga cacar air sembuh.

Demikian informasi tentan bagaimana cara mengobati cacar air secara alami dengan bahan-bahan rumahan. Cacar air merupakan penyakit yang sangat menular, sehingga pintar-pintarlah merawatnya agar tak menular ke seluruh penhuni rumah. Pengobatan tersebut hanya mengurangi gejalanya saja, sehingga jika kondisi cacar air semakin memburuk maka segera bawa ke pelayanan kesehatan dan jangan tunggu lebih lama lagi. Penanganan yang tepat an cepat apat engurangi resiko berbahaya, karenanya jadilah bijak. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.