Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

15 Cara Mengobati Biduran Dengan Ampuh, Cepat Dan Terbukti Manjur

Urtikaria dalam bahasa medis, secara umum lebih dikenal dengan istilah biduran oleh masyarakat Indonesia. Kondisi ini merupakan reaksi kulit yang menunjukan bilur putih atau kemerahan yang disertai pula dengan rasa gatal. Biasanya gangguan kulit biduran dimulai pada satu area saja, kemudian menyebar ke banyak bagian tubuh.

Biduran merupakan reaksi dari alergi yang terjadi pada bagian kulit tertentu karena berbagai penyebab. Mulai dari gigitan serangga, kontak dengan allergen, alergi bahan makanan, obat-obatan, hingga faktor lingkungan.
Berbagai penyebab tersebut umumnya akan menimbulkan reaksi munculnya ruam kemerahan disertai gatal dan perih, sehingga penting untuk segera dilakukan penanganan dengan beragam cara mengobati biduran.

Cara Mengobati Biduran Dengan Mudah Dengan Bahan Tradisional

Biduran memang bisa diatasi dengan cara instan seperti menggunakan salep atau resep dokter lainnya. Akan tetapi, anda juga bisa mendapatkan pengobatan biduran yang dilakukan dengan alami dan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tersedia dari alam. Penanganan biduran secara alami ini disarankan untuk pengobatan biduran yang kurang dari enam minggu atau biduran jangka pendek. Sementara untuk urtikaria akut yang diderita lebih dari enam minggu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan medis. Beberapa cara mengobati biduran dengan bahan alami antara lain akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Kompres Dingin

Cara mengobati biduran yang pertama adalah dengan melakukan kompres dingin pada bagian kulit yang terdapat ruam. Cara sederhana ini cukup dengan membubuhkan waslap lembut yang sudah dibasahi air dingin atau es batu pada bagian kulit yang gatal. Tindakan ini berfungsi untuk mengurangi gatal yang dirasakan secara bertahap.

2. Cuka Beras Hitam

Ramuan cuka beras hitam yang dipadukan dengan rempah jahe juga efektif menghilangkan alergi biduran. Sediakan sekitar 100 ml cuka beras hitam yang ditambahkan dengan 3 ruas jahe. Tumbuk jahe hingga halus, kemudian campurkan dengan cuka dan sedikit gula merah. Rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Setelah matang dan dingin, ramuan bisa diminum secara rutin setiap hari hingga biduran dan gatal mereda.

3. Temulawak

Khasiat temulawak untuk mengatasi biduran juga terbilang efektif. Gunakan air rebusan yang terdiri dari 12 gram temulawak yang ditumbuk, asam jawa secukupnya, serta gula merah. Ketiga bahan tersebut diramu dan direbus hingga mendidih dengan satu liter air. Setelah mendidih dan hangat, saring ramuan terlebih dulu untuk menghindari ampasnya. Ramuan bisa diminum untuk membantu mengatasi biduran yang kambuh ketika malam hari.

4. Minyak Zaitun dan Kayu Putih

Kedua jenis minyak yang sudah terbukti khasiatnya ini bisa juga menjadi pilihan anda untuk mengobati biduran. Oleskan campuran satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kayu putih dengan takaran yang sebanding pada bagian kulit yang terkena biduran. Penyembuhan biduran dengan cara ini bisa berlangsung cepat bila dilakukan dengan rutin.

5. Daun Kelor

Manfaat daun kelor bagi kesehatan juga terbukti untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk biduran. Anda hanya perlu meramu beberapa lembar daun kelor yang telah dicuci bersih dengan 1 siung bawang merah dan pulosari. Rebus ketiga jenis bahan tersebut dalam satu liter air dan biarkan mendidih. Setelahnya, saring ramuan terlebih dulu kemudian konsumsi saat masih hangat untuk membantu menyembuhkan biduran.

6. Sambiloto

Daun Sambiloto juga bisa menjadi bahan alami untuk membuat ramuan mengusir biduran pada kulit anda. Berikut adalah cara memanfaatkan daun sambiloto untuk mengobati biduran secara alami.
Sediakan sekitar 10 gram daun sambiloto yang sudah dicuci bersih, 20 gram kunyit, 3 siung bawang merah, satu sendok makan adas, dan tambahan daun kelor bila ada. Tumbuk semua bahan hingga halus kemudian rebus dalam satu liter air. Setelah mendidih dan tersisa setengah liter, angkat ramuan tersebut dan saring terlebih dulu. Minum ketika ramuan sudah dingin secara rutin untuk menghilangkan gatal dan ruam kemerahan karena biduran.

7. Daun Sirih

Gunakan daun sirih sebagai obat untuk menghilangkan biduran secara alami. Daun sirih bisa direbus dengan air seperti membuat ramuan penghilang bau badan alami. Anda bisa mencuci kulit yang terkena biduran menggunakan air rebusan tersebut atau mengonsumsi rebusan daun sirih secara langsung bila memungkinkan. Daun sirih mengandung anti bakteri yang efektif membantu mengurangi gatal dan alergi seperti biduran.

8. Air Kelapa Hijau

Khasiat air kelapa hijau terbukti sebagai penghilang racun dalam tubuh kita. Namun, selain itu ternyata air kelapa hijau yang dikonsumsi secara rutin juga membantu mengatasi biduran secara cepat. Minumlah air kelapa hijau dengan rutin selama tiga hari berturut-turut untuk membantu meredakan gatal serta ruam biduran.

9. Tanaman Leunca

Leunca bisa bermanfaat untuk mengobati biduran setelah anda memisahkan tanaman ini dengan akarnya. Tumbuk tanaman leunca hingga halus kemudian balurkan pada kulit yang terkena biduran. Biarkan beberapa saat hingga berubah warna menjadi kehijauan, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan metode ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Daun Jombang

Air rebusan daun jombang juga bisa mengobati aneka jenis gatal yang disebabkan karena alergi. Bila biduran tergolong sebagai reaksi alergi ringan, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun jombang yang dibuat dari satu genggam daun jombang yang direbus dengan setengah liter air. Biarkan mendidih kemudian minum selagi hangat untuk meredakan gatal dan ruam biduran.

11. Meniran

Meniran termasuk bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati biduran. Cara untuk membuat ramuan meniran ini juga sangat mudah karena anda hanya perlu menumbuk halus meniran dengan kayu manis. Seduh campuran bahan tersebut dengan air mendidih dan biarkan mengendap hingga hangat, kemudian konsumsi seperti biasa.

12. Kelola Stres

Biduran terkadang juga bisa disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Untuk itu, perlu bagi anda yang tengah mengalami biduran untuk coba mengelola stres dengan lebih baik. Hilangkan stres dengan beberapa langkah seperti liburan atau cara lainnya untuk membantu mengurangi biduran tersebut.

13. Perhatikan Jenis Pakaian

Penyebab lain munculnya biduran adalah kondisi kulit yang alergi terhadap bahan pakaian. Biasanya yang seringkali dialami adalah alergi akibat bahan pakaian yang terbuat dari wol atau yang susah menyerap keringat. Sebaiknya, ketika mengalami biduran yang memang disebabkan alergi bahan pakaian anda bisa mencari pakaian yang lebih longgar untuk digunakan dengan bahan yang mudah menyerap keringat atau dingin.

14. Berendam

Salah satu cara untuk mengatasi biduran adalah dengan berendam menggunakan air dingin. Anda bisa berendam menggunakan air dingin yang telah dicampur dengan antiseptik alami seperti daun sirih atau rempah jahe yang dimemarkan. Cara ini efektif untuk menghilangkan gatal akibat biduran.

15. Daun Delima

Cara lain yang efektif membantu mengatasi gatal biduran serta ruam merah adalah dengan mengaplikasikan daun delima yang telah dihaluskan. Sebagai tanaman yang kaya antioksidan, daun delima bisa dimanfaatkan untuk mengobati biduran ringan. Tumbuk beberapa lembar daun delima yang telah dicuci bersih, kemudian tambahkan minyak kelapa atau minyak esensial lainnya dan oleskan pada kulit yang terkena biduran. Diamkan hingga mengering kemudian bilas dengan air dingin.

Gejala biduran yang diawali di bagian tubuh tertentu dengan rasa gatal menyengat, kemungkinan besar akan semakin menyebar bila dibiarkan atau hanya digaruk untuk menghilangkan gatalnya. Sebaiknya segera aplikasikan penanganan biduran secara alami untuk membantu mengurangi gatal dan meredakan biduran dengan cepat.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara mengobati biduran yang bisa diaplikasikan di rumah secara aman dan tanpa efek samping untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat

Pencarian:

  • obat biduran alami
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.