Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Rasa Malu Dan Tidak Percaya Diri Di Depan Orang Banyak


Perasaan malu dapat menjadi penghalang dalam berbagai aktivitas sosial dan berpotensi dapat berdampak negatif bagi karir Anda. Anda perlu ingat bahwa rasa malu adalah sebuah sifat bawaan yang bisa dirubah, dan apabila rasa malu bisa sedikit ditekan, Anda akan lebih berani untuk mempresentasikan diri Anda di hadapan para kolega, rekan bisnis, maupun sahabat.

Rasa malu, canggung atau nervous sering orang alami ketika berada di panggung atau saat berada di depan orang banyak. Hal ini pasti setiap orang pernah mengalami ini akan tetapi ada yang dapat mengatasi rasa malu tersebut karena sudah berpengalaman dan sering berbicara di depan umum.

Cara Menghilangkan Rasa Malu Dengan Mudah

Jika Anda adalah orang yang memiliki rasa malu yang berlebihan, berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa malu yang bisa dilatih sehari-hari, antara lain:

1. Sadari Kelebihan dan Cintailah diri Anda

Pada dasarnya setiap orang diciptakan dengan kelebihan masing-masing. Anda tidak perlu merasa malu jika Anda mempunyai kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain di sekitar Anda. Sebaiknya Anda buang jauh-jauh pikiran negatif tentang diri Anda sendiri dan sadari kelebihan Anda dari sekarang.
Perasaan dapat dikarenakan Anda membenci diri Anda sendiri, karena berbagai ketidak sempurnaan yang Anda miliki. Perasaan ini muncul ketika Anda beranggapan bahwa diri Anda tidak sesuai dengan sosok ideal yang Anda harapkan. Pada anak-anak, rasa minder karena kekurangan fisik bisa menjadi pemicu utama tumbuhnya rasa malu yang berkelanjutan hingga ia tumbuh dewasa. Mulailah bercerminlah, dan tatap wajah Anda dan carilah kelebihan-kelebihan yang dapat Anda banggakan atau sekedar membuat Anda merasa nyaman dengan diri Anda.

2. Berfikir Positif & Percaya Diri Anda Sendiri

Anda harus berpikirlah positif bahwa jika orang lain bisa Anda pasti juga bisa melakukan apapun. Tuhan telah meanugrahi Anda dengan sebuah kelebihan, maka pergunakan hal tersebut dengan membagikannya dengan orang lain di sekitar Anda. Mulaila berpikir positif dari sekarang karena hal tersebut merupakan bentuk syukur Anda tentang kelebihan yang Anda miliki.

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus percaya pada diri Anda sendiri. Beri kepercayaan pada diri Anda bahwa Anda mampu menjadi sosok yang lebih baik dari saat ini serta Anda mampu memenuhi harapan-harapan atau ekspektasi dari orang lain. Yakinkan pada diri Anda bahawa Anda memiliki kemampuan yang setara daengan orang-orang di sekitar anda.

3. Jangan Pedulikan Anggapan Orang Lain

Mayoritas orang yang tidak dapat mengatasi rasa malu dikarenakan terlalu memikirkan persepsi orang lain. Pikiran seperti itu sebenarnya tidaklah salah apabila digunakan dengan sebaik-baiknya dengan menjadikan hal ini sebagai tolak ukur Anda untuk menjadi pribadi Anda yang lebih baik lagi. Parameter seperti ini bukanlah hal yang mutlak, karena Anda sendiri yang berpikir demikian. Sebaiknya Anda jangan terlalu hidup dibawah arahan dan persepsi orang lain akan tetapi lebih baik jika hidup apa adanya sesuai dengan diri pribadi Anda sendiri.

4. Tenangkan Hati dan Pirikan

Perasaan nervous atau gugup dapat mengambil alih kontrol dalam diri kita sehingga Anda akan mati kutu, berdiam kaku dan canggung tak menentu. Sebaiknya sebelum Anda memulai untuk berbicara di depan umum, Andah harus tenangkan terlebih dahulu hati dan pikiran Anda. Fokus kepada kemampuan diri serta yakinkan diri Anda bahwa Anda dapat melakukannya.

5. Berani Mengambil Resiko

Pada dasarnya orang yang malu berarti dia tidak bersedia untuk memulai karena tidak berani mengambil resiko. Beragam alasan yang melatarbelakangi seperti karena takut salah berbicara, takut berhadapan dengan orang di depannya atau alasan yang lainnya. Apabila Anda ingin mengatasi rasa malu tersebut, Anda harus keluar dari zona nyaman Anda dna mulailah Anda beranilah mengambil resiko mulai dari sekarang.

6. Atasi Ketakutan dan Latihan Bersosialisasi

Apabila Anda mengalami ketakutan yang sangat berat ketika akan berbicara depan umum sebelumnya atasi ketakutan Anda tersebut terlebih dahulu. Anda harus renungkan dalam diri Anda dan cari cara yang tepat sesuai dengan diri Anda untuk mengatasi ketakutan Anda.

Cara efektif mengatasi ketakutan berkomunikasi didepan umum adalah berlatih bersosialisasi. Artinya Anda harus ikut andil dalam kegiatan sosial seperti organisasi atau komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Dengan cara seperti itu Anda tidak merasa terbebani serta dapat mengasah kemampuan bakat Anda. Tetapi Anda juga perlu ikut di setiap kepanitiaan organisasi tersebut agar Anda terlatiah dalam berkomunikasi massal maupun komunikasi didepan orang banyak.

Latihan – latihan seperti berbicara di depan umum di setiap kali ada kesempatan seperti jadi pembicara saat presentasi di depan kelas, mencoba berbicara dengan lantang saat di depan orang banyak dan seterusnya. Hal tersebut dilakukan secara rutin akan menjadi sebuah hal yang biasa. Jika Anda sudah terbiasa maka tidak menutup kemungkinan Anda akan dapat dengan mudah mengatasi rasa malu Anda

7. Konsultasi dengan Orang Terdekat

Orang-orang yang terdekat dengan Anda adalah orang yang paling memahami segala sesuatu tentang Anda. Sebaiknya Anda harus berkonsultasi dan meminta kritik serta saran kepada mereka tentang trauma dan permasalahan yang Anda alami.

8. Kurangi Rasa Ingin Selalu Sempurna

Anda harus ingat, tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang tercipta dengan kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Perasaa malu dapat muncul karena adanya satu kekurangan yang Anda lihat di dalam diri Anda. Pada kasus yang ekstrim, sedikit saja ketidak sempurnaan bisa membuat seseorang menjadi minder dan takut untuk menunjukkan dirinya di hadapan rekan-rekannya. Anda harus hindari pikiran untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena hal ini justru bisa membuat Anda makin minder. Sebaiknya Anda menerima dan memaafkan kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan serta berusahalah show off atau tunjukan kemampuan yang Anda miliki.

9. Latihan Teknik Pernapasan

Apabila perasaan cemas dan malu mulai menghampiri, sebaiknya Anda memejamkan mata, mengambil nafas dalam-dalam, tahan selama 2-3 detik, dan hembuskan. Teknik pernafasan yang sederhana ini terbukti dapat membuat tubuh Anda merasa rileks sehingga beragam peraaan nervous, khawatir, dan cemas akan berkurang secara signifikan. Anda lakukan teknik pernapasan ini saat Anda akan menghadapi berbagai situasi serius, sebagai contoh saat presentasi serta ujian skripsi. Teknik ini dapat Anda gunakan pada saat akan menghadapi interview kerja atau saat harus membicarakan suatu hal yang sangat penting.

10. Tersenyumlah

Anda harus membiasakan diri untuk tersenyum dalam kondisi apapun. Karena ternyum dapat menentramkan hati dan pikiran Anda di segala macam kondisi. Memang senyuman tidak akan mendatangkan ketentraman bagi orang lain yang melihatnya, akan tetapi secara tidak langsung menginstruksikan kepada alam bawah sadar Anda untuk bersikap tenang.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa malu yang bisa Anda praktekkan. Tidak sedikit orang yang belum dapat mengatasi rasa malu dalam dirinya. Bahkan ada yang lebih parah dengan merasakan trauma yang kian mendalam hingga tidak berani sedikitpun berbicara di depan banyak orang. Orang seperti ini akan mengalami keterbatasan dalam beraktifitas sosial serta berusaha menghindari kerumunan orang.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.