Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

13 Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Secara Permanen Dengan Bahan Alami

Wajah yang berminyak memang sangat mengganggu karena dapat mengurangi rasa percaya diri, apalagi ketika harus berhadapan dengan banyak orang. Minyak di wajah kerap disebut sebum yang sebetulnya merupakan zat minyak yang dihasilkan dari lemak di wajah serta bukan hal yang berbahaya. Karena sejatinya berfungsi untuk menjaga dan melembabkan kulit secara alami.

Namun jika terlalu banyak produksi sebum, ini akan menyebabkan kulit wajah cenderung berminyak yang dapat menyumbat pori-pori dan akhirnya memicu munculnya jerawat di wajah. Genetik, perubahan hormon hingga stress merupakan faktor yang dapat mempengaruhi produksi minyak di wajah.

Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Selamanya

Meski perlu perjuangan, sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menontrol inyak berlebih di kulit wajah, misalnya saja dengan cara alami. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan minyak di wajah secara alami, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan Lupa membersihkan Wajah

Meski terkesan sederhana, namun jangan sekali-kali meremehkan kebersihan wajah yang berminyak. Sebab dengan rajin membersihkannya akan membantu mengontrol munculnya minyak berlebih di wajah. Tetapi jangan terlalu sering cukup dua kali saja sehari tergantung kondisi kulit, juga hindari penggunaan sabun atau facial wash yang berbahan keras. Lebih baik gunakan pembersih wajah yang berbahan lembut sebagai gantinya agar tak mengiritasi kulit.

2. Lakukan Eksfoliasi dengan Oatmeal Scrub

Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya ialah eksfoliasi. Hal tersebut akan membantu mengurangi produksi minyak dengan mengikis sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Sehingga wajah jadi lebih halus dan minyak pun menghilang. Salah satunya dengan menggunakan oatmeal sebagai scrub.

Pilih oatmeal tawar lalu blender agar butirannya jadi lebih halus, lalu campurkan dengan lidah buaya segar hingga berbentuk pasta kental. Usapkan pada seluruh wajah sambil digosok dengan lembut selamma 2-3 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan menggunakan toner.

3. Scrub dengan Campuran Madu, Baking Soda dan Lemon

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan mampu melembabkan kulit berminyak, sedangkan baking soda merupakan eksfoliator alami yang mampu menyingkirkan kulit mati dan enggecilkan pori-pori wajah. Lalu kandungan antioksidan pada lemon membantu mencerahkan kulit sekaligus menangkal radikal bebas.

Campurkan setengah sendok teh baking soda, setengah sendok teh air perasan jeruk lemon dan satu sendok makan madu. Campur semua bahan menjadi satu hingga benar-benar tercampur rata. Lalu ambil sedikit kemudian gosokan ke wajah dengan gerakan memutar selama 2-3 mmenit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan minimal 2 kali seminggu.

4. Gunakan Cuka Sari Apel sebagai Toner Alami

Memiliki sifat sebagai astringet, cuka sari apel sangat cocok digunakan sebagai toner untuk mengatasi masalah berminyak di wajah. Selain itu, toner berbahan cuka sari apel ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit wajah sehingga membuatnya terlihat lebih cerah sekaligus mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Cara menghilangkan minyak di wajah dengan toner alami ini memang terbilang efektif dan sangat aman karena bahan yang digunakan alami.

Campurkan cuka sari apel dan air dengan jumlah yang sama lalu masukan ke dalam botol semprot kecil. Kocok-kocok agar bahan-bahan tersebut tercampur lalu semprotkan ke seluruh wajah sebagai toner setelah membersihkan wajah.

5. Toner Alami dari Teh Hijau

Teh hijau dikenal karena memiliki sifat anti-oksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Kandungannya tersebut sekaligus juga dapat digunakan sebagai pembersih kulit yang dapat menyingkirkan minyak berlebih di wajah.

Ambil satu sendok teh teh hijau kemudian dengan segelas air panas dan biarkan dingin dengan sendirinya dalam suhu ruang. Masukan air seduhan teh hijau tersebut dalam botol semprot, gunakan toner alami tersebut dua kali sehari terutama sehabis mencuci muka.

6. Coba Gunakan Masker Mangga dan Madu

Meski tak sepopuler masker dengan bahan buah lainnya tapi jangan salah masker mangga ini bisa jadi cara menghilangkan minyak di wajah yang cukup efektif, lho. Buah yang memiliki rasa manis ketika matang ini mengandung banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Misalnya saja seperti vitamin A dan betakaroten yang mampu meningkatkan regenerasi sel juga membantu menghilangkan minyak di wajah.

Ambil buah mangga yang sudah matang lalu blender hingga halus dan tambahkan satu sendok madu. Kemudian oleskan ke seluruh wajah, hindari bagian mata dan mulut biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum membersihkannya.

7. Rawat dengan Madu

Siapa yang tak tahu besarnya manfaat madu untuk tubuh dan wajah? Karenanya tak heran jika madu mmenjadi salah ssatu bahan alami yang paling sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah termasuk kulit berminyak.

Ini berkat sifat antibakteri serta antiseptic yang terkandung di dalamnya, yang mampu menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan sekaligus merawatnya. Tak lain karena madu merupakan hummektan alami yang mampu mengikat kelembaban pada kulit tanpa membuatnya terlihhat semakin berminyak.

Cara menghilangkan minyak di wajah menggunakan madu cukup mudah, oleskan tipis-tipis cairan madu ke seluruh wajah. Lalu biarkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat. Untuk hasil maksimal usahakan pilih madu alami tanpa tambahan pemanis buatan.

8. Gunakan Masker Lemon dan Putih Telur

Putih telur dan lemon merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Campuran kedua bahan tersebut mampu mengencangkan pori-pori, juga dapat membantu menyerap kelebihan minyak di wajah. Juga mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat yang meradang, karena kandungan asam citrus dan juga anti bakteri yang ada di dalam lemon.

Campurkan 1 butir putih telur dan 1 sendok teh air perasan jeruk lemon yang masih segar, aduk-aduk sampai tercampur sempurna. Lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama beberapa saat sampai mengering. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

9. Scrub dengan Kacang Almond

Kacang almond tak hanya enak dimakan tetapi juga dapat membantu menghilangkan minyak di wajah. Caranya denan memanfaatkan kacang almond sebagai scrub untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang tertinggal di wajah. Selain itu juga dapat membantu mengangkat minyak dan sisa-sisa kotoran yang tertinggal di wajah.
Haluskan tiga sendok teh kacang almond mentah, lalu tambahkan 2 sendok makan madu dan aduk rata. Oleskan ke wajah sambil digosok-gosok dengan lembut dengan gerakan melingkar selama 3-4 menit. Lalu setelahnya bilas dengan air hangat hingga sisa scrub bersih dari wajah.

10. Masker Yoghurt

Di dalam yogurt terdapat kandungan asam laktat yang mampu membantu mengefoliasi kulit dengan lembut serta menyerap minyak berlebih di wajah. Anda dapat langsung mengoleskan yogurt plain ke wajah secara menyeluruh dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air dingin sampai bersih, lakukan ini setiap hari satu kali agar hasilnya maksimal.

11. Gunakan Masker Apel Segar

Tak hanya hasil fermentasinya saja yang dapat ddigunakan untuk menghalau minyak di wajah, buah Apel segar pun juga memiliki manfaat serupa. Memiliki sifat antiseptik, astringen dan anti-inflamasi alami, apel segar bekerja sebagai pengelupas alami yang hebat. Tak hanya itu saja kandungan asam malat di dalam apel juga membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan menyerap kelebihan minyak.
Parut setengah bagian apel segar lalu ambil dan letakkan di wajah secara menyeluruh. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

12. Masker Mentimun

Mentimun juga sangat bermanfaat untuk merawat kulit yang berminyak karena sifatnya yang mendinginkan dan menyejukan sekaligus sebagai astringent alami. Selain itu, mentimun juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A dan E, magnesium, dan potassium yang sangat baik untuk kulit berminyak.
Potong mentimun menjadi bagian yang kecil, lalu gosokkan pada wajah. Biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat keesokan paginya. Lakukan setiap hari sebelum tidur agar minyak di wajah berkurang.

13. Bersihkan Wajah dengan Susu

Susu merupakan pembersih alami untuk wajah minyak yang sangat efektif mengontrol dan menyingkirkan minyak di wajah dan membuatnya terasa lembut dan kenyal. Ini karena susu mengandung AHA (alfa hidroxcy acid) yang mampu mengeksfoliasi kulit dengan lembut sekaligus menjaga keseimbangan pH alami kulit.

Campurkan dua senddok makan susu segar dan beberapa tetes minyak lavender atau minyak cenana. Usapkan campuran tersebut di wajah dengan menggunakan kapas, sambil berikan pijatan lembut selama beberapa menit dan biarkan semalaman.

Pijatan tersebut akan membantu memperbaiki sirkulasi darah di wajah. Pagi harinya bersihkan wajah dengan air dingin, agar semakin maksimal lakukan kegiatan ini setiap hari.
Demikian informasi tentang cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Meski wajah berminyak sangat mengganggu, namun minyak alami ternyata sangat penting untuk melindungi kulit. Karenanya perlu dirawat dan dijaga dengan tepat supaya kulit berminyak tak semakin bermasalah. Semoga

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.