Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Ampuh Dan Terbukti Mujarab


Jerawat batu pasti akan sangat menggangu kenyamanan Anda, apalagi jerawat muncul pada bagian wajah yang sangat mudah dilihat oleh orang-orang. Jerawat batu juga kerap kali sulit hilang, tidak seperti jerawat biasa. Kalau sudah begini Anda pastinya harus mencari cara bagaimana agar jerawat tersebut dapat hilang dan wajah Anda bisa kembali bersih seperti sebelumnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat batu secara alami.

1. Menghilangkan jerawat batu menggunakan kentang

Cara pertama untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan menggunakan masker kentang. Ini merupakan salah satu cara alami yang cukup ampuh. Cara memanfaatkan kentang untuk obat jerawat ada 2 cara. Yang pertama Anda bisa mengiris kentang lalu menempelkan pada area jerawat batu. Yang kedua Anda bisa menghaluskan kentang, kemudian menggunakannya sebagai masker alami. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

2. Menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih

Bawang putih juga bisa Anda jadikan sebagai obat jerawat batu. Sifat antiseptic yang ada di dalam bawang putih sangat baik untuk melawan bakteri penyebab jerawat batu. Cara mengatasi jerawat menggunakan bawang putih, pertama haluskan bawang putih kemudian oleskan pada bagian jerawatnya. Tunggu sampai menyerap dan biarkan menempel kering. Setelah 5-10 menit baru bilas menggunakan air dingin.

3. Mengatasi jerawat dengan tomat

Ada cukup banyak manfaat tomat untuk kecantikan khususnya untuk mengatasi jerawat batu. Ini karena tomat mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Selain jerawat batu, tomat juga sangat ampuh untuk menghilangkan adanya bintik hitam di wajah dan mencerahkan kulit.
Cara mengatasi jerawat batu dengan tomat juga tidak sulit. Anda tinggal menyiapkan tomat segar, kemudian mengirisnya tipis, lalu tempelkan pada bagian jerawat batu di wajah Anda. Setelah berselang 30 menit baru angkat tomatnya.

4. Menghilangkan jerawat batu dengan campuran telur putih dan madu

Telur diperkaya akan kandungan protein yang dipercaya bisa mengatasi adanya penyumbatan, salah satunya pada bagian pori-pori wajah. Selain bisa mengatasi jerawat batu, putih terlur juga sangat efektif untuk mengencangkan kulit wajah Anda. Agar memberikan hasil yang terbaik, Anda bisa mencampurkan putih telur dengan madu.
Cara pengolahannya, pisahkan lebih dulu putih telur dengan kuningnya. Lalu, campurkanlah putih telur dengan 3 sendok makan madu alami. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajah Anda secara merata, bisa digunakan sebagai masker. Diamkan sampai wajah Anda terasa kaku, kemudian bilas menggunakan air hangat.

5. Kapur, kunyit, dan madu

Madu memang salah satu bahan alami yang banyak manfaatnya. Kandungan anti biotik, anti inflamasi dan juga anti bakteri bisa dengan baik mengatasi beragam keluhan terutama luka yang terbuka atau peradangan pada wajah, seperti jerawat batu. Sedangkan untuk kunyit dan kapur mempunyai sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri akibat jerawat batu. Kombinasi ke 3 bahan alami ini bisa menjadi obat jerawat yang terbilang cukup ampuh.

Cara mengolah kapur, kunyit dan madu untuk obat jerawat:

  • Siapkanlah ketiga bahan di atas, kemudian cuci hingga bersih.
  • Haluskan kunyit dan kapur, bisa di blender atau pun di parut.
  • Setelah itu Anda baru bisa mencampurkan madu, kalau ada jeruk nipis juga bisa ditambahkan.
  • Aduk semua bahan menjadi satu sampai terbentuk seperti pasta.
  • Jika sudah menjadi pasta, Anda tinggal menempelkannya pada wajah, termasuk pada area jerawat batu.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

6. Baking soda

Baking soda ternyata tidak hanya berguna untuk mengembangkan adonan saja. Karena beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa baking soda cukup ampuh untuk mengatasi batu jerawat, dan mengurangi rasa nyeri karena peradangan.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan baking soda:

  • Siapkanlah baking soda
  • Kemudian masukan ke dalam wadah mangkuk, lalu campur dengan ai hangat, aduk sampai menjadi pasta
  • Oleskanlah ke bagian jerawat, kemudian diamkan selama 15 menit
  • Setelah selesai baru Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih

7. Menggunakan masker mengkudu

Buah mengkudu mungkin tidak familiar dengan baunya yang khas dan rasanya yang pahit. Namun, biarpun kurang enak jika dikonsumsi mengkudu ternyata mampu mengatasi jerawat batu. Kandungan potassium di dalamnya sangat mampu melancarkan sistem peredaran darah yang ada di dalam tubuh. Jika sirkulasi darah Anda lancar dan androgennya stabil maka jerawat bisa dengan sendirinya menghilang.

Cara mengolah mengkudu untuk obat jerawat:

  • Siapkanlah buah mengkudu
  • Kemudian cuci sampai bersih
  • Blender sampai halus
  • Tempelkan ke wajah, diamkan selama 30 menit
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat

8. Mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan buah yang sudah cukup terkenal karena khasiat alaminya. Selain bisa dikonsumsi untuk mengatasi beragam keluhan, buah ini juga bisa mengatasi adanya peradangan atau jerawat pada wajah. Kandungan anti inflamasi di dalam mahkota dewa sangat bermanfaat untuk mengatasi keluhan jerawat batu.

Cara menghilangkan jerawat baru menggunakan mahkota dewa:

  • Siapkanlah buah mahkota dewa, kemudian haluskan
  • Oleskan mahkota dewa yang sudah Anda haluskan pada bagian jerawat.
  • Diamkan selamat 30 menit sampai kandungannya tersera ke kulit
  • Bilas wajah Anda menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih

9. Sida rhombifolia

Sida rhombifolia merupakan bunga yang berbentuk kecil dan biasanya berwarna kuning. Tidak sedikit obat jerawat dalam bentuk salep atau masker medis dicampurkan dengan bunga ini. Kandungan di dalamnya memang cukup ampuh mengatasi jerawat batu

Cara memanfaatkan sida rhombifolia sebagai obat jerawat:

  • Siapkanlah bunga sida rhombifolia
  • Kemudian rebus bunganya menggunakan 2 gelas air
  • Tunggu hingga benar-benar mendidih, lalu tuangkanlah ke dalam baskom
  • Letakan wajah Anda tepat di atas uap airnya (usahakan bagian jerawat batu Anda benar-benar terkena uapnya.

10. Mengatasi jerawat batu dengan menjaga kebersihan

Ada 2 alasan kenapa Anda bisa mendapatkan jerawat batu yang sangat menggangu. Pertama, karena memang peradangan pada wajah yang di picu masalah sirkulasi darah tidak berjalan lancar. Kedua karena kebersihan wajah Anda tidak terjaga. Untuk menghindari jerawat batu yang timbul lebih banyak lagi akan lebih baik jika Anda bisa menjaga kebersihan wajah dengan cara rajin mencuci wajah. Minimal 3 kali dalam sehari.

Saat mengalami jerawat sebaiknya Anda menghindari menyentuh jerawat dengan menggunakan tangan, apalagi jika tangan Anda tidak steril. Itu malah akan membuat kondisi jerawat Anda semakin parah dan bisa saja malah semakin menyebar. Anda tidak mau kan jerawat tiba-tiba semakin banyak?

Itulah 10 cara menghilangkan jerawat batu secara alami. Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah untuk Anda praktekkan di rumah, karena tentunya beberapa bahan alami ada saja yang sulit mendapatkannya. Sering-seringlah mencuci wajah Anda agar tetap dalam keadaan bersih, jangan lupa juga memakai pelindung wajah seperti masker saat hendak pergi keluar agar tetap melindungi wajah Anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.