Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Yang Cepat Dan Terbukti Ampuh


Ada yang pernah mengalami luka bakar? Sangat menjengkelkan rasanya karena bekas lukanya sulit dihilangkan. Kulit akan memiliki semacam tanda dan membuat Anda tidak nyaman, apalagi jika bekas lukanya ada dibagian kulit tertentu yang memang bisa terlihat.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Yang Ampuh

Untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut, berikut ini adalah cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami.

1. Menghilangkan luka bakar dengan tomat dan lemon

Tomat dan jus merupakan buah yang sama-sama memiliki kandungan alami dan dinilai sangat efektif untuk menghilangkan atau menyamarkan kondisi kulit bekas luka bakar. Sifat asam yang ada di dalam lemon bisa lebih membantu menyamarkan bekas luka yang baru saja terjadi. Sedangkan di dalam tomat, terdapat kandungan pemutih alami yang bisa membantu kulit memudarkan bekas luka bakar ketika Anda mengoleskan ke atas bagian lukanya.

Cara memanfaatkan tomat dan lemon untuk luka bakar:

  • Bilas dahulu bekas luka bakar menggunakan air bersih.
  • Setelah dibilas, sebaiknya Anda mengeringkan bagian luka menggunakan lap atau handuk bersih
  • Siapkanlah perasan air lemon dan juga tomat segar yang sudah Anda haluskan (bisa diblender)
  • Kemudian ambi kain bersih atau bisa juga handuk yang resapannya lebih cepat, basahi kain dengan air perasan lemon, kemudian kompreskan pada bagian luka bakar, diamkan selama 5 menit lalu angkat kain dan tunggu sampai kering.
  • Jika sudah kering, Anda bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu dengan mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan pada bagian luka bakar. Pemutih alami dalam buah tomat bisa membantu menyamarkan kulit yang terdapat bekas luka bakarnya.

Anda bisa melakukan pengobatan menggunakan tomat dan lemon selama 1 minggu agar hasilnya bekerja dengan efektif.

2. Mengoleskan pasta biji fenugreek

Fenugreek atau disebut juga kalbat merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan obat herbal Alami. Fenugreek memiliki biji yang kecil dan berwarna coklat. Tanaman ini juga bisa Anda temukan dibeberapa tempat yang memang sudah membudidayakannya. Anda bisa memakai bijinya sebagai salah satu cara alami menyamarkan bagian kulit yang terkena luka bakar.
Caranya, ambilah segenggam biji fenugreek kemudian rendam semalamam menggunakan air dingin. Setelah direndam Anda bisa menumbuknya sampai menjadi pasta halus. Jika sudah selesai, Anda bisa mengoleskan pasta dari biji fenugreek ke atas kulit yang terkena luka bakar. Jika pastanya sudah kering, Anda bisa langsung membilas kulit menggunakan air. Mudah bukan? Lakukanlah dengan rutin agar hasilnyal maksimal.

3. Mengoleskan minyak almond

Minyak almond juga sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka bakar pada kulit. Pemakaiannya juga tidak sulit, Anda tinggal mengoleskan almond pada bagian luka bakar kemudian memijatnya dengan perlahan. Lakukan dengan rutin, minimal 2 kali sehari agar bisa cepat menyingkirkan bekas luka bakar pada kulit secara alami.

4. Mengoleskan campuran kunyit dan susu

Kunyit merupakan rempah yang sudah sangat familiar, jadi Anda juga bisa dengan mudah mendapatkannya. Memanfaatkan kunyit untuk menghilangkan bekas luka bakar tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan kunyit kemudian campurkan dengan susu (kalau tidak ada bisa diganti air putih). Setelah itu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Kunyit akan sangat membantu karena kandungan anti septik di dalamnya bisa menyembuhkan bekas luka dengan cukup cepat jika dilakukan secara rutin.

5. Minyak Esensial Lavender

Selain minyak almond, jenis minyak esensial lavender juga bisa bermanfaat untuk merawat kulit yang terkena luka bakar. Kandungan anti septik di dalamnya sangat membantu menyamarkan kulit yang memiliki bekas luka apapun, selain itu juga bisa membantu penyembuhan luka secara alami.
Cara penggunaannya juga sangat mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak pada bagian luka dengan rutin. Jika lukanya ternyata besar, Anda bisa menuangkan minyak ke atas kain kasa kemudian menempelkan pada kulit yang terkena luka bakar. Diamkan selama beberapa jam atau bisa juga seharian penuh. Lalu dengan rutin agar hasilnya bekerja dengan maksimal.

6. Kulit kentang

Selain dagingnya, kulit kentang juga ternyata sangat bermanfaat untuk menyamarkan kulit yang terkena luka bakar. Di dalam kulit kentang terdapat kandungan anti bakteri yang bisa melembabkan kulit. Sehingga dinilai lebih efektif untuk mengobati luka bakar ringan. Cara pemanfatannya juga tidak sulit, Anda tinggal mengupas kentang segar kemudian ambil kulitnya dan tutupi area kulit yang terkena luka bakar. Diamkan selama 1 jam. Akan lebih efektif jika Anda menggunakannya pada malam hari.

7. Campuran kunyit, jelai dan yoghurt

Obat rumah alami yang juga efektif menyamarkan luka bakar adalah campuran kunyit, jelai dan yoghut. Perpaduan bahan alami yang sangat kaya akan khasiatnya. Cara pengolahannya sangat mudah, Anda tinggal menyiapkan ketiga bahan tersebut dengan takaran yang sama kemudian campurkan menjadi satu. Lalu oleskan pada bagian luka bakar atau bekas luka bakar. Sebaiknya gunakan yoghurt original yang memang tanpa ada campurkan zat kimia. Lakukan cara ini dengan rutin agar bisa menyamarkan kulit yang terkena luka bakar dengan cepat.

8. Putih telur

Putih telur biasanya digunakan untuk membuat masker wajah, tujuannya adalah untuk memutihkan dan mengencangkan wajah. Selain untuk masker, Anda juga bisa memanfaatkan putih telur untuk menyamarkan kulit bekas luka bakar. Caranya, tinggal memisahkan putih telur dari kuningnya, lalu oleskan pada bagian kulit bekas luka bakar. Diamkan selama 1-2 jam, jika sudah kering segera bilas dengan air. Putih telur cukup efektif apalagi dalam hal peremajaan kulit. Lalu perawatan kulit menggunakan putih telur secara rutin, agar bekas luka bakar cepat hilang dan kulit Anda semakin bagus.

9. Memanfaatkan baking soda

Baking soda juga sama seperti kue, biasa dipakai oleh beberapa perempuan sebagai masker penghilang jerawat atau menyamarkan luka jerawat. Kandungan anti bakteri di dalamnya juga cukup baik untuk penyembuhan luka bakar. Siapkan baking soda, kemudian campurkan menggunakan air dan aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Biarkan saja sampai mengering baru Anda bisa membilasnya.

10. Kulit pisang

Selain kulit kentang ternyata kulit pisang juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka bakar pada kulit. Kandungan lutein dan anti oksidan didalam kulit pisang sangatlah tinggi sehingga benar-benar dinilai efektif mengatasi luka bakar. Penggunaanya juga sangat praktis, Anda tinggal meletakan kulit pisa di atas kulit yang terbakar lalu gosok dengan lembut.

Itulah 10 cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami. Pengobatan ini tidak akan memberikan efek samping buruk pada kulit, jadi Anda tidak perlu merasa khawatir. Melakukan pengobatan secara alami akan lebih baik dibandingkan menggunakan pemutih kimia yang bisa saja malah membahayakan kulit karena zat kimianya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.