Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Berlubang Dengan Cepat Dan Alami


Memiliki penampilan yang cantik dan menarik adalah dambaan setiap wanita. Wajah yang putih bersinar tentunya menjadi salah satu aset penting bagi kaun hawa. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan wajah dambaannya, apalagi kalau wajah sudah diserang oleh jerawat. Bukan hanya merusak penampilan, tapi juga membuat kita jadi tidak percaya diri.

Jerawat memang bukan hal yag berbahaya, tapi kemunculannya kerap kali merusak kepercayaan diri, apalagi ketika ingin menghadiri acara yang penting. Jerawat terjadi karena adanya pertumbuhan bakteri pada wajah sehingga menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang tersumbat menyebabkan kelenjar keringat ikut terhambat dan kulit wajah menjadi sulit bernafas dan keringat terjebak dalam pori-pori lalu menyebabkan penimbunan lemak yang menjadi jerawat. Apalagi jika kamu dalam masa pertumbuhan dimana hormon masih tidak stabil.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat

Hal yang paling menyebalkan dari kemunculan jerawat tentunya adalah bekas yang ditinggalkannya. Bekas jerawat juga sama mengganggunya dengan jerawat. Berbeda dengan jerawat yang mungkin lebih mudah disingkirkan, bekas yang ditinggalkannya justru kadang sangat sulit untuk dihilangkan, apalagi jika sudah terjadi luka parut.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami:

1. Kulit jeruk

Dalam kulit jeruk terdapat zat asam alpha hidroksi dan vitamin C yang tinggi yang mampu membersihkan pori-pori kulit dari semua kotoran dan debu. Kedua zat ini juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Keringkan beberapa kulit jeruk di bawah sina rmatahari hingga benar-benar kering, lalu haluskan kulit jeruk yang telah kering hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk pada bagian wajah yang mempunyai bekas jerawat, lalu biarkan beberapa menit. Bilas wajah hingga bersih dengan air hangat.

2. Bawang putih

Bawang putih telah dikenal banyak orang sebagai bahan alami yang mengandung bahan anti bakteri. Salah satu penyebab utama terjadinya jerawat adalah karena adanya pertumbuhan bakteri. Bawang putih dapat mematikan bakteri-bakteri yang ada pada jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Kamu cukup menghaluskan satu siung bawang putih, lalu tempelkan bawang putih pada jerawat, biarkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini berulang kali hingga bekas jerawat menghilang. Kamu juga bisa menambahkan sedikit cuka apel untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang mengandung anti bakteri dan aloesin yang mampu menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap juga merangsang pembentukan sel-sel baru pada kulit. Kamu cukup mengeruk daging lidah buaya secukupnya, lalu haluskan. Oleskan pada wajah secara merata dna biarkan selama 15 menit. Cuci wajah dengan air mengalir hingga bersih. Lakukan metode ini dua kali sehari selama sebulan hingga wajah kamu bebas dari bekas jerawat. Bukan hanya menghilangkan jerawat, masker lidah buaya ini juga membuat wajah kamu cantik bersinar.

4. Madu

Madu telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Begitu pula dengan manfaatnya yang mampu menghilangkan bekas jerawat membandel pada wajah kamu. Oleskan madu secukupnya pada area yang berjerawat, lalu biarkan selama 30 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin agar pori-pori wajah mengecil. Lakukan metode ini sebanyak 3 kali dalam seminggu hingga bekas jerawat menghilang.

5. Lemon

Lemon bukan hanya mampu membuat wajah menjadi lebih cerah dan bersinar, tapi juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang bersarang di wajah kamu. Caranya juga cukup mudah, tekan sedikit lemon agar airnya mudah diperas, lalupotong dua dan peras lemon untuk mendapatkan sarinya. Oleskan sarinya pada area yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu cuciwajah dengan menggunakan air dingin agar pori-pori kembali menutup.

6. Timun

Timun memiliki banyak manfaat dalam bidang kecantikan berkat kandungan vitamin E, antioksidan, dan astringent di dalamnya. Salah satu kemampuan buah timun adalah menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah, haluskan 1 buah timun lalu oleskan pada wajah hingga rata. Biarkan selama 30 menit.Cuci bersih wajah kamu dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Pepaya

Pepaya ternyata juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat. Buah yang mudah ditemui ini mempunyai senyawa papain yang mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan antioksidan juga vitamin C yang mampu mengatasi kulit yang kemerahan dan memudarkan bekas jerawat. Haluskan pepaya secukupnya, lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Biarkan selama 15 menit saja. Ingat untuk tidak membiarkan masker pepaya lebih dari 15 menit karena wajah akan menjadi kemerahan jika terlalu lama. Bilas wajah dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan secara berulang hingga bekas jerawat menghilang.

8. Putih telur

Putih telur mengandung asam amino yang mampu mengatasi jerawat bahkan menghilangkan bekas jerawat. Pisahkan putih telur dari kuning telur, lalu kocok putihtelur hingga mengembang. Oleskan pada wajah secara merata, lalu biarkan hingga mengering dan wajah terasa tertarik. Bersihkan wjaah dengan menggunakan air hangat.Lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin A dan C yang lebih tinggi dibanding jeruk dan sangat baik untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Selain itu, tomat juga sangat ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat. Cukup iris tipis satu buah tomat segar, lalu tempelkan pada wajah yang terkena jerawat. Biarkan selama 30 menit dan cuci bersih wajah. Lakukan setiap hari dan jerawat akan segera menghilang.

10. Susu

Susu mengandung asam laktat yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajahdan meratakan warna pada wajah sehingga sangat baik untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat. Pertama, siapkan susu full creamsebanayak 1 sendok teh. Celupkan kapas pada susu, lalu tepuk-tepukkan pada bagian bekas jerawat dengan sedikit ditekan selama 3 hingga 5 menit.Kemudian bersihkan wajah dengan air dingin.

11. Kunyit

Kunyit telah dikenal secara turun termurun sangat baik untuk kecantikan. Anti biotik dan anti radangnya dikenal sangat baik untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Kunyit juga mampu mencerahkan kulit wajah.Campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya, lalu aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin. Kamu dapat melakukan metode ini sebanyak dua kali dalam seminggu hingga bekas jerawat menghilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami yang mudah dan tanpa efek samping. Namun pastikan kamu membersihkan wajah terlebih dahulu hingga benar-benar bersih menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka dan kandungan alami dapat menyerap dengan baik. Bersihkan kembali wajah dengan menggunakan air yang dingin agar pori-pori menutup dan jerawat tidak kembali lagi. Hindari pula berada di bawah sinar matahari agar wajah bebas dari belang. Selamat mencoba, ya.

Pencarian:

  • bikin masker buat nutup pori bekas jerawat sama kunir
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.