Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

17 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Di Mulut Yang Mudah Dan Ampuh

 

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Banyak digemari dan dikonsumsi sebagai teman lalapan serta sambal, jengkol juga menimbulkan bau tidak sedap yang tertinggal setelah mengonsumsinya. Meski nikmat, sebagian besar orang yang memakan jengkol bisa dipastikan terganggu dengan bau mulut tersebut. Apalagi ketika harus berhadapan dengan lawan bicara yang secara otomatis juga bisa saja mencium aroma tidak sedap tersebut dari mulut kita.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Di Mulut Dengan Cepat

Mengatasi bau jengkol di mulut sebenarnya tidak sulit. Anda bisa melakukan cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan menggunakan bahan alami dan mudah dijumpai di dapur. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan seketika. Coba ya!

1. Mengunyah Permen Karet atau Mint

Permen karet yang memiliki rasa buah atau mint bisa digunakan sebagai pengusir bau jengkol di dalam mulut. Cukup kunyah satu butir setiap anda usai mengonsumsi jengkol dan rasakan perbedaannya setelah permen tersebut dikunyah. Untuk itu, sediakan selalu permen mint atau permen karet setiap anda berencana ke restoran yang menyediakan menu jengkol ya!

2. Beras Mentah

Mengunyah beras mentah sebenarnya merupakan cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang efektif dan bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini pun sudah sejak lama dilakukan orang zaman dulu untuk mengusir bau mulut yang mengganggu. Kunyah satu sendok teh beras mentah hingga hancur di dalam mulut, boleh ditelan atau dikeluarkan setelah halus dan bau mulut anda akan berkurang dengan cepat.

3. Obat Kumur

Langkah praktis ini bisa dilakukan ketika anda memang menyediakan obat kumur selalu di dalam tas anda. Obat kumur yang mengandung antiseptik alami akan menghilangkan kuman serta bau mulut yang terjadi akibat konsumsi jengkol.

4. Jeruk

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C akan sangat bermanfaat untuk membasmi bau jengkol di mulut anda. Selain itu, kandungan vitamin C nya tersebut juga mampu membuat napas lebih segar dan berbagai manfaat penting lainnya bagi kesehatan gigi dan gusi.

5. Semangka

Seringkali kita jumpai buah pencuci mulut seperti semangka disediakan di meja makan. Ini juga bisa menjadi pilihan anda untuk menghilangkan bau jengkol, petai, atau sejenisnya yang bisa mengganggu rasa percaya diri. Konsumsi semangka yang kaya vitamin serta kandungan air akan membantu mengatasi masalah bau mulut tersebut.

6. Yoghurt

Yoghurt bermanfaat juga untuk membantu menghilangkan bau jengkol yang mengganggu setelah dikonsumsi. Namun, direkomendasikan yoghurt yang digunakan adalah yoghurt bebas gula dan tanpa rasa. Ini dikarenakan yoghurt dengan kandungan gula atau perasa tertentu justru semakin memudahkan bakteri penyebab bau mulut berkembang biak dengan cepat.

7. Strawberry

Buah strawberry bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut yang alami dan cepat. Selain manfaat tersebut, buah yang mungil dengan rasa asam ini dipercaya efektif untuk membantu mengatasi masalah gigi dan gusi, termasuk untuk memutihkan gigi secara alami.

8. Teh Hijau

Khasiat teh hijau selain untuk diet adalah bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan alami berupa polifenol yang membantu mengatasi bau napas yang tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

9. Asam Jawa

Tidak hanya bermanfaat sebagai pelengkap bumbu dapur saja, khasiat asam jawa juga berguna untuk menghilangkan bau mulut terutama bau jengkol yang mengganggu. Namun, asam jawa juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, sebab kandungan asam didalamnya bisa merusak enamel gigi anda.

10. Cengkeh

Mengatasi bau mulut yang tidak sedap bisa dianjurkan dengan mengunyah cengkeh mentah. Bila terlalu pahit, anda bisa mencampurkan satu butir cengkeh yang dihaluskan terlebih dulu ke dalam air hangat untuk kemudian digunakan sebagai obat kumur alami. Cara ini akan membantu mengatasi napas tidak sedap termasuk karena mengonsumsi jengkol.

11. Air Daun Sirih

Sudah sejak lama daun sirih dimanfaatkan turun-temurun sebagai bahan alami untuk mengusir bau tidak sedap. Tidak hanya pada organ kewanitaan saja, daun sirih juga efektif menghilangkan bau tidak sedap pada napas kita. Dengan menggunakan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur, dijamin bau jengkol di mulut akan segera pergi.

12. Buah Jambu

Selain segar dan kaya akan kandungan air, buah jambu juga bisa dipakai untuk mengusir aroma jengkol setelah anda mengonsumsinya. Cobalah gunakan buah jambu sebagai pencuci mulut dengan memakannya seperti biasa. Dengan mengonsumsi buah berkadar air tinggi, bau mulut akan segera bisa dinetralkan.

13. Kopi Hitam

Kopi hitam ternyata efektif sebagai pembasmi bau tidak sedap. Seperti yang kita ketahui, kopi hitam biasanya digunakan untuk menghilangkan bau menyengat pada sepatu, tas, kulkas dan sebagainya. Cara ini juga bisa digunakan untuk anda yang ingin menghilangkan bau jengkol di mulut. Kunyah kopi hitam secukupnya, tahan rasa pahit di mulut anda untuk menghilangkan bau jengkol yang sudah tersebar di mulut.

14. Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan air dan efektif digunakan sebagai bahan pengusir bau mulut. Kunyah saja mentimun segar usai anda mengonsumsi jengkol. Jangan lupa untuk tetap minum air putih untuk membantu mulut menjadi segar kembali dan terbebas dari bau jengkol.

15. Lemon

Lemon infused water with mint in glasses and jug.Healthy drink, detox, dieting beverage.

Buah lemon yang kaya vitamin C juga mengandung antioksidan tinggi untuk bisa dimanfaat kan sebagai pengusir bau mulut. Bau mulut yang disebabkan oleh jengkol juga bisa segera diatasi dengan minum perasan lemon atau jika memungkinkan mengunyah kulit lemon yang dicuci bersih sebelumnya. Kedua cara ini efektif menghilangkan bau jengkol yang mengganggu.

16. Minuman Soda

Minuman bersoda memang bukanlah jenis minuman yang menyehatkan. Akan tetapi, bila sesekali digunakan sebagai pengusir bau mulut, minuman soda bisa dikatakan cukup efektif. Usir bau jengkol dari mulut anda dengan meminum air bersoda secukupnya, meski nanti akan terganggu sendawa cara ini cukup efektif dilakukan dalam waktu yang cepat untuk menghilangkan bau jengkol di mulut.

17. Susu

Sebagai minuman yang kaya akan vitamin serta mineral, ternyata susu juga berguna untuk mengusir bau mulut. Konsumsi satu cangkir susu hangat bisa menjadi pilihan anda untuk menghilangkan bau jengkol dengan cepat.
Tips Menghilangkan Bau Jengkol Sebelum Dimasak

Selain menghilangkan bau jengkol di mulut usai dikonsumsi, alangkah baiknya anda juga mengetahui cara memasak jengkol agar tidak mengeluarkan bau menyengat. Tips ini bisa dipraktikan ketika anda tengah memasak jengkol di rumah, sehingga tidak lagi cemas dengan bau yang ditimbulkan oleh makanan yang satu ini. Berikut adalah langkah yang perlu disiapkan:

  • Jengkol bisa direbus bersama daun salam setelah dicuci bersih
  • Selain daun salam, anda juga bisa menggunakan daun jeruk saat mengolah jengkol menjadi aneka masakan.
  • Cara lain untuk efektif menghilangkan bau jengkol menyengat adalah merendam jengkol dengan air daun sirih sebelum dimasak. Lakukan perendaman selama satu malam dan bilas keesokan harinya.

Dengan mengetahui cara menghilangkan bau jengkol di mulut sekaligus tips memasak jengkol tanpa berbau, anda bisa tetap menikmati makanan favorit anda tersebut tanpa cemas dengan bau mulut yang mengganggu.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang bisa dipraktikan dengan bahan alami untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.