Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Menghentikan Mimisan Dan Mengatasinya Dengan Cepat

 

Pernah mengalami mimisan atau hidung berdarah? Ya, kondisi ini kadang-kadang bisa membuat beberapa jadi panik, karena selalu datang secara tiba-tiba. Bagian selaput lendir pada hidung pecah, itulah yang menyebabkan mengapa darah mengalir dari hidung. Jika darah sudah membeku, mimisan juga biasanya akan berhenti. Namun, faktanya ada saja orang yang selalu mendapatkan mimisan berulang kali, jika sudah begitu ia harus mencari cara menghentikan mimisan paling tepat.

Sebelum mengetahui bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untung mengentikan mimisan, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu apa penyebab mimisan:

  • Karena perubahan cuaca yang cukup ekstrim.
  • Adanya luka pada bagian mukosa hidung
  • Benda asing masuk ke dalam hidung
  • Hidung mengalami trauma atau benturan keras
  • Luka yang di dapatkan karena membersihkan hidung yang terlalu dalam
  • Lecet pada bagian selaput lendir karena iritasi polusi udara
  • Infeksi atau peradangan pada bagian dalam hidung, bisa karena tumor, sinusitis dan yang lainnya.
  • Membersihkan lendir hidung terlalu keras

Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat

Saat Anda mendapatkan mimisan tentunya sangat mengganggu jika tidak segera dihentikan, darah bisa mengalir terus dan kegiatan Anda semakin terhambat karena harus menahan darah agar tidak keluar. Berikut ini adalah cara menghentikan mimisan yang dapat Anda lakukan:

1. Atur posisi tubuh

 

Hal pertama dan paling mudah bisa Anda lakukan saat mengalami mimisan adalah mengatur posisi tubuh. Banyak orang yang memiringkan kepalanya ke belakang atau berbaring terlentang agar mencegah darah keluar, sebenarnya itu cara yang salah. Karena jika Anda melakukan hal tersebut malah akan membuat Anda tersedak oleh darah yang mengalir, jika ternyata darah malah masuk ke purut itu akan menyebabkan Anda sakit perut dan muntah.

Saat mimisan Anda harus tetap bersikap tenang, dan bersandar ke arah depan, jika Ada darah mengalir ke dalam mulut buanglah. Biarkan darah mengalir untuk beberapa saat, jika intensitasnya sudah semakin sedikit baru Anda bisa menutup bagian hidung dengan kain kasa. Lama-lama darah akan berhenti sendiri.

2. Menutup aliran darah

Anda juga bisa langsung menutup bagian lubang hidung jika darah yang keluar tidak terlalu banyak. Ambil kain kasa yang sudah digulung kecil kemudian sumbat pada lubang hidung selama kurang lebih 10 menit. Anda bisa membuka sumbatan setelah 10 menit berselang, biasanya mimisan cepat selesainya, bahkan tidak sampai 5 menit, atau bahkan ada juga orang yang mimisan hanya sesaat saja.

3. Menyemprotkan semprotan afrin pada hidung

Pertolongan pertama atau cara lain yang bisa cepat Anda lakukan untuk menghentingkan pendarahan pada hidung bisa menyemprotkan afrin pada ke bagian samping hidung. Afrin nasal spray merupakan obat yang biasanya dipakai untuk meringankan hidung yang tersembut akibat flue, atau alergi saluran pernapasan. Obat ini bentuknya spray yang bisa langsung disemprotkan pada bagian hidung. Anda bias menyemprotkan afrin sebanyak 3 kali, penyemprotan akan mempercepat keluarnya darah darah dan menghentikannya dengan cepat.

4. Memeriksa tekanan darah

Jika Anda memiliki masalah pada tekanan darah bisa jadi hal tersebutlah yang menyebabkan Anda mimisan bahkan lebih sering. Oleh sebab itu, saat mimisan Anda bisa mengecek tekanan darah apakah itu yang mempengaruhinya atau tidak? Kalau ternyata memang mempengaruhi, Anda sebaiknya beristirahat untuk membuat stabil tekanan darah. Hindari stress.

5. Mengeluarkan darah dengan ibu jari

Saat mimisan kamu sebaiknya langsung ke westafel untuk membersihkan hidung. Anggap saja mimisan adalah ingus yang keluar dan akan berhenti jika semuanya sudah dikeluarkan. Anda bisa mengeluarkan darah dengan ibu jari serta telunjuk, kemudian cubit lembut bagian hidung Anda. Karena mimisan biasanya terjadi pada bagian lembut tulang Anda tidak perlu mencubit terlalu keras, bisa-bisa hidung Anda malah jadi berwarna merah.

6. Konsumsi air rambut jagung

Anda juga bisa menghentikan mimisan dengan cara alami salah satunya adalah dengan mengkonsumsi rambut jagung. Ya, rambut halus berwarna coklat yang bisa Anda temukan dibalik kulit jagung sebelum Anda bisa mengambil daging jagungnya bisa Anda manfaatkan sebagai obat mimisan. Caranya juga sangat mudah, Anda tinggal merebus 50 gram rambut jagung menggunakan 400 cc air, kemudian tunggu sampai mendidih, saring airnya. Minum selagi masih hangat.

7. Sumbat menggunakan daun sirih

Dulu, sebelum obat-obatan berkembang pemakaian herbal dari dedaunan masih sangat diminati. Makanya tidak heran sampai sekarang ada saja yang selalu memakai cara alami dengan daun untuk mengatasi masalah kesehatan. Misalnya saja, menggunakan daun sirih untuk menghentikan pendarahan hidung. Cara ini terbilang mudah dan ampuh.
Anda tinggal mengambil daun sirih 2-3 lembar, kemudian remas daunnya, lalu gulung hingga menyerupai bentuk seperti tabung dan bisa masuk ke hidung. Lalu, masukan ke dalam lubang hidung, bairkanlah selama 5-10 menit.

8. Memanfaatkan tanaman pegagan

Cara alami lain yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan daun pegagan. Daun hijau berukuran kecil, dengan kelopak seperti lingkaran namun tidak sempurna bisa Anda temukan dimana saja. Anda tidak perlu membudidayakannya saja pegagan biasanya selalu tiba-tiba tumbuh dipekarangan. Nah, untuk memanfaatkannnya sebagai obat mimisan, ambilan daun pegagan yang masih segar 7-10 lembar, kemudian rebus menggunakan 300 cc air. Setelah air nya mendidih, diamkan dulu sampai hangat baru pindahkan pada gelas dan Anda bisa langsung mengkonsumsinya.

9. Meneteskan daun teratai pada hidung Anda

Memanfaatkan dedaunan biasanya tidak akan memberikan efek samping apalagi dalam kasus ringan seperti mimisan. Karenanya Anda bisa memanfaatkan cara alami selanjutnya untuk menghentikan pendararahan dari hidung, yaitu dengan daun teratai. Jika memang mudah di dapatkan tentunya proses pengobatan akan semakin cepat. Caranya ambil akar daun teratai, kemudian tumbuk sampai benar-benar lumat. Lalu saring air teratainya, dan gunakan untuk obat tetes pada bagian hidung Anda. Tengadahkan kepala Anda kemudian teteskan sebanyak 3 kali, lalu tutup hidup menggunakan kapas.

10. Minum akar alang-alang atau jus kangkung

Cara terakhir masih sangat erat kaitannya dengan cara alami. Yaitu dengan memanfaatkan tanaman alang-alang serta kangkung segar. Anda bisa memilih mana yang cocok. Untuk alang-alang, Anda tinggal siapkan saja 60 gram akarnya, kemudian rebus menggunakan 300 cc air, jika air sudah mendidih, tunggu beberapa saat baru bisa diminum.

Begitu pun dengan kangkung, Anda tinggal menyiapkan kangkung, lalu masukan ke dalam blender dan tambahkan air. Putar blender dan tunggu kangkung sampai halus, barulah Anda bisa meminumnya. Ini akan bermanfaat untuk mereka yang sering mengalami mimisan.

Itulah informasi penting mengenai penyebab dan cara menghentikan mimisan yang dapat Anda lakukan sebagai langkah pertolongan pertama. Jika ternyata dalam waktu 30 menit belum mimisan akan lebih baik Anda segera memeriksakan diri pada dokter.

Pencarian:

  • tips menghilangkan selulit dengan cepat
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.