Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

13 Cara Membuat Lulur Alami Dan Racikan Dengan Mudah

 


Tak bisa dipungkiri bahwa wanita memang selalu ingin tampil cantik dan sempurna dalam setiap kesempatan. Sehingga apapun dilakukan agar penampilannya selalu on fire dari ujung kaki hingga rambut. Salah satu perawatan yang dapat membuat wanita semakin cantik ialah lulur, cara ini mampu mengangkat sel-sel mati di kulit tubuh sekaligus meregenerasinya dan memberinya nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Cara Membuat Lulur Alami Di Rumah

Lulur bahkan sudah dikenal sejak lama untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit tubuh, karenanya tak mengherankan jika banyak lulur instan yang dijual secara bebas. Dari pada membeli lulur instan yang harganya pastinya tidaklah murah, Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Ingin tahu bagaimana cara membuat lulur sendiri di rumah agar kulitmu makin glowing? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Lulur Kopi dan Gula

Perpaduan antara kopi dan gula merupakan salah satu lulur terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik kulit Anda. Kopi yang kaya akan antioksidan membantu mencerahkan kulit dan juga mengatasi masalah selulit. Sementara partikel gula berfungsi sebagai exfoliator alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan minyak zaitun dalam lulur ini memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit sehingga menjaganya agar tetap sehat.

Siapkan ¼ cup bubuk kopi yang digiling kasar lalu tambahkan dengan tiga sendok makan gula pasir dan dua sendok makan minyak zaitun, lalu campur semua bahan jadi satu. Jangan lupa tambahkan 3 kapsul vitamin E ke dalam campuran tersebut. Lalu oleskan ke seluruh tubuh sambil di gosok-gosok dengan gerakan melingkar secara merata. Diamkan 15 menit sebelum dibersihkan dengan mandi air dingin.

2. Oatmeal dan Minyak Zaitun

Partikel bubuk kopi yang kasar dapat secara efektif mengangkat sel-sel kulit mati, namun jika kulit cenderung senstif maka bubuk kopi kurang baik. Jika sudah begitu maka oatmeal bisa jadi pengganti yang baik untuk kopi.
Sebab oatmeal juga mmerupakan ekfoliator alami tapi lebih ringan sekaligus juga mampu melembutkan kulit. Ditambah lagi dengan minyak zaitun yang mampu memberikan kelembapan pada kulit sehingga tak hanya menghaluskan kulit tetapi juga menjaga kelembabannya.

Campurkan minyak zaitun dan oatmeal yang sudah digiling hingga partikelnya jadi lebih halus. Lalu tambahkan gula pasir dan air hangat, sambil semua bahan diaduk menjadi satu. Bila sudah bercampur semuanya, oleskan ke kulit ambil digosok perlahan dengan gerakan memutar kurang lebih selama 10 menit. Kemudian mandilah untuk mmembersihkannya.

3. Lulur Pisang

Pisang merupakan bahan alami yang bekerja dengan baik sebagai pelembab sekaligus membantu mengontrol minyak. Ini sangat efektif digunakan untuk merawat tubuh yang kulitnya cenderung kering dan kasar untuk memberinya kelembaban alami.

Bahkan lulur buah pisang ini juga sangat baik untuk area tubuh yang cenderung berminyak, misalnya saja seperti bagian dada atau punggung yang kadang muncul jerawat. Bagian tubuh ini cenderung lebih sensitif sehingga Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai eksfoliatornya ketimbang menggunakan gula pasir.
Siapkan satu buah pisang matang kemudian tambahkan tiga sendok oatmeal yang sudah dihaluskan, campurkan hingga lumat dan tercampur rata. Lalu lulurkan langsung ke kulit sambil di gosok-gosok secara merata ke seluruh tubuh kurang lebih selama 10 menit, kemudian bersihkan sambil mandi.

4. Minyak Zaitun dan Lemon

Perpaduan antara minyak zaitun dan ait perasan jeruk lemon merupakan lulur yang sangat baik untuk membersihkan kulit sekaligus mengurangi masalah kulit berminyak. Minyak zaitun membantu melembabkan kulit ketika kandungan asam di dalam lemon membersihkan, sehingga kulit Anda akan jadi lebih bersih dan cerah tetapi tidak kering.

Disarankan untuk menambahkan minyak esensial lainnya seperti rosemary oil atau grapefruit oil, ebab keduanya memberikan efek yang menyegarkan dan menstimulasi sekaligus membantu mengurangi adanya masalah pori-pori tersumbat.

Cara membuat lulur tersebut campurkan minyak zaitun dan gula pasir terlebih dahulu, lalu perasan jeruk lemon sekaligus kulit buahnya yang sudah dihaluskan. Lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary oil, untuk memberikan kesegaran untuk kulit Anda. Lulurkan ke seluruh tubuh sambil digosok dengan gerakan memutar, lakukan selama kurang lebih 10 menit kemudian mandi untuk membersihkannya.

5. Teh Hijau dan Garam

Ada begitu banyak manfaat teh hijau bagi tubuh, tak hanya baik untuk menjaga tubuh dari dalam maupun dari luar. Tak mengherankan jika teh hijau begitu populer di masyarakat termasuk sebagai bahan lulur untuk mempercantik kulit.

Siapkan teh hijau bubuk, garam Epsom, baking soda dan minyak zaitun, cara membuat lulur teh hijaunya Anda bisa langsung mencampurkan semua bahan tersebut menjadi satu. Kemudian lulurkan ke kulit tubuh secara menyeluruh sambil diusap dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 10 menitan, baru kemudian bilas hingga bersih.

6. Shea Butter dan minyak Kelapa

Lulur yang satu ini merupakan perpaduan yang sangat baik untuk melembabkan kulit. Bahan-bahan tersebut menjaga kulit tetap lembab dan lembut bahkan setelah eksfoliator bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
Lelehkan shea butter menggunakan double boiler, kemudian kocok menggunakan mixer hingga halus. Lalu tambahkan minyak zaitun dan minyak kelapa ke dalam shea butter yang sudah dihaluskan tadi lalu aduk merata.
Jangan lupa campurkan gula pasir sebagai ekfoliatornya karena partikelnya yang sedikit kasar. Lalu lulurkan ke tubuh, kaki dan tangan sambil digosok-gosok perlahan dengan gerakan memutar tak kurang dari 10 menit. Bilas dengan mandi seperti biasa.

7. Yoghurt

Jika kulit yang Anda miliki cenderung kering dan membutuhkan eksfoliasi berkala, maka lulur yohurt sangat direkomendasikan untuk Anda. Yoghurt memiliki sifat yang mampu membersihkan kulit dengan sangat efektif, dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang tertinggal di kulit. Sekaligu juga membantu melembabkan kulit yang kering.

Cara membuat lulur ini sangat simpel, siapkan plain yoghurt, minyak zaitun, madu dan gula. Campurkan semua bahan-bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian lulurkan ke kulit tubuh dengan lembut sambil digosok memutar antara 10 hingga 15 menit, lakukan merata ke seluruh tubuh setelah itu bilas dengan mandi sampai bersih.

8. Kunyit dan Minyak Zaitun

Tak diragukan lagi manfaat kunyit bagi kesahatan dan kecantikan, tak ayal berbagai macam produk kecantikan atau olahan dihasilkan dari bahan yang satu ini. Misalnya saja yang paling populer digunakan sebagai lulur untuk mempercantik kulit.

Ini karena dalamnya terkandung sifat antiseptik dan antibakteri yang sangat kuat dan mampu membantu menjaga kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan kunyit segar atau bubuk, manfaatnya tetap sama. Tambahkan pula mminyak zaitun dan gula pasir, lalu campur semuanya menjadi satu bagian seperti pasta yang kental.
Sebelum mengoleskan lulur ke kulit sebaiknya bersihkan dulu secara menyeluruh lalu oleskan lulur kunyit tersebut secara merata. Jangan lupa sambil digosok dengan gerakan memutar selama 10 menit baru kemudian dibilas hingga bersih.

9. Strawberry dan Garam

Jika sebelumnya cara membuat lulur menggunakan gula pasir sebagai eksfoliator alami, tapi Anda pun juga dapat memanfaatkan garam ebagai penggantinya. Sebab garam juga tak kalah bermanfaat bagi kulit, Anda juga dapat menggunakan garam dapur atau garam Epsom tergantung selera.

Lalu buah strawberry yang kaya antioksidan turut membantu menangkal radikal bebas dan menutrisi kulit agar lebih sehat. Campurkan garam, strawberry dan minyak zaitun sampai tercampur menjadi seperti adonan. Kemudian lulurkan ke kulit secara menyeluruh dan digosok selama 10 menit dengan gerakan memutar lalu bilas hingga bersih menyeluruh.

10. Lulur Melon Beku

Buah-buahan merupakan bahan yang bagus untuk digunakan sebagai lulur karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Jika biasanyaa mmengunakan buah segar, maka cara membuat lulur melon kali ini sedikit berbeda karena menggunakan melon beku.

Supaya menciptakan sensasi dingin yang mampu menyegarkan kulit, sangat cocok untuk digunakan pada kulit yang kering atau bisa juga meredakan kaki pegal-pegal. Untuk membuat lulur yang satu ini dibutuhkan buah melon yang sengaja dibekukan sebelumnya, lalu gula pasir dan minyak zaitun.

Gerus atau haluskan melon beku tersebut, lalu campurkan semua bahannya sampai tercampur merata. Lalu lulurkan ke seluruh tubuh, sampai benar-benar rata sambil digosok dengan gerakan memutar. Lalukan selama 10 hingga 15 menit sebelum kemudian dibersihkan sambil mandi.

11. Lulur Cokelat

Siapa yang tak suka dengan cokelat, rasanya yang otentik membuat banyak orang tergila-gila dengannya. Tapi tak hanya enak dimakan saja, cokelat bahkan juga bisa membuat kulit Anda jadi lebih cantik. Cokelat murni mengandung antioksidan yang kaya dan sangat baik untuk membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Cara membuat lulur cokelat ini tidaklah sulit cukup campurkan cokelat bubuk, minyak kelapa dan gula pasir yang dicampur menjadi satu. Lulurkan ke seluruh tubuh dan jangan lupa digosok-gosok selama 10 menitan agar sel-sel kulit mati ikut terangkat. Baru kemudian bilas hingga bersih secara menyeluruh.

12. Lulur Jeruk Bali

Lulur buah yang juga memiliki manfaat luar biasa bagi kulit dan mudah dibuat ialah lulur jeruk bali. Lulur yang satu ini mampu memberikan kesegaran dan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk meregenerasinya kembali. Anda bisa menambahkan minyak zaitun atau minyak almond serta gula pasir pada lulur ini.
Siapkan buah jeruk bali segar lalu kupas dan ambil bagian dalamnya kemudian blender hingga halus. Setelah itu campurkan gula pasir dan beberapa sendok minyak zaitun secukupnya. Lalu gunakan untuk luluran setiap hari secara rutin.

13. Lulur Vanila dan Gula

Perpaduan antara vanilla, gula dan minyak zaitun ini menjadi lulur yang sangat baik untuk melembabkan kulit sekaligus membuatnya tampak lebih muda dan sehat. Karenanya lulur ini sangat efektif untuk memelihara kulit, sekaligus aromanya yang lembut juga memberikan efek menenangkan.

Cara membuat lulur ini pertama-tama siapkan esktrak vanilla murni, minyak zaitun dan gula pasir. Lalu campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur dengan rata. Lulurkan ke tubuh secara menyeluruh sambil digosok dengan gerakan memutar hingga 15 menit, setelahnya baru bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Demikian informasi tentang cara membuat lulur dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Agar khasiat lulurnya meresap sempurna ke kulit maka lakukan secara rutin setidaknya 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Merawat tubuh dengan bahan-bahan alami memang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan lebih aman. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.