Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

7 Cara Memakai Serum Wajah Yang Benar Dan Mudah

 

Serum menjadi salah satu kebutuhan bagi kaum hawa yang peduli akan kecantikan wajah mereka. Ya, produk skincare yang satu ini memang bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dan menunjukan hasil yang permanen beberapa saat setelah digunakan. Namun, ternyata pemakaian serum di wajah juga tidak bisa sembarangan, karena akan berefek pada kesehatan kulit dan hasil yang tidak maksimal. Untuk itulah, perlu bagi anda yang menggunakan produk skin care ini lebih paham mengenai cara memakai serum wajah dengan efektif untuk hasil lebih baik.
Serum wajah bermanfaat sangat banyak bagi kecantikan. Mulai dari menyamarkan noda, memudarkan kerutan, garis halus, meremajakan kulit, serta menutrisi kulit dan melembabkannya. Inilah yang kemudian membuat serum wajah harus diaplikasikan secara benar untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut dengan optimal.

Cara Memakai Serum Wajah Dengan Mudah

Menggunakan serum wajah tentu berbeda dengan penggunaan produk kosmetik yang lain. Konsentrat yang tinggi pada serum memungkinkannya untuk diperlakukan istimewa ketika akan diaplikasikan pada wajah. Lalu, seperti apa cara memakai serum wajah dengan tepat menurut rekomendasi pakar kecantikan? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Membersihkan Wajah

Tidak sama dengan pelembab wajah, serum dibuat dari bahan dengan konsentrasi tinggi. Tekstur serum wajah juga biasanya lebih cair atau bisa juga menyerupai jelly. Dari teksturnya saja, anda bisa melihat perbedaan serum dengan pelembab yang umumnya berbentuk krim. Ini membuat anda harus mengetahui dengan pasti pengaplikasian serum yang bertekstur liquid ini pada wajah. Sebelum mengaplikasikannya, hal yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci atau membersihkan wajah terlebih dulu.

Anda bisa mencuci wajah menggunakan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit anda. Perhatikan juga formula dalam facial foam yang anda pakai untuk memastikannya tidak mengandung bahan berbahaya. Gunakan facial foam atau pembersih wajah lainnya untuk membantu menghilangkan sisa make up dan kotoran yang masih menempel di wajah anda agar serum bisa meresap sempurna nantinya.

2. Keringkan Wajah

Setelah wajah dibersihkan, anda pun wajib mengeringkan wajah dengan lembut. Banyak dari mereka yang melakukan kesalahan dengan mengeringkan wajah melalui gerakan yang justru berisiko membesarkan pori-pori.

Cara mengeringkan wajah yang benar adalah dengan menggunakan handuk lembut yang kemudian ditekan-tekan pada wajah. Namun, perhatikan bahwa anda pun tidak dianjurkan untuk mengeringkan wajah sepenuhnya.

Sebaiknya, biarkan wajah tetap dalam kondisi 10 persen kelembabannya.
Pada kondisi wajah yang lembab, ini akan berpengaruh pada tingkat keefektifan serum saat diserap oleh kulit. Bahkan kemampuan menyerap kandungan serum akan 10 kali lipat lebih efektif bila wajah masih dalam kondisi lembab setelah dicuci bersih.

3. Tuangkan Serum

Menuangkan serum secukupnya adalah langkah hemat untuk anda dalam memanfaatkan serum. Bila serum wajah milik anda bertekstur foam atau krim, maka anda perlu menuangkannya pada ujung jari telunjuk dan jari tengah saja. Jumlah ini sudah mampu untuk memenuhi satu wajah. Namun, bila serum wajah anda berbentuk oil, maka anda bisa menuangkannya pada telapak tangan secukupnya (tiga tetes maksimal). Gunakan tangan untuk mengaplikasikan serum tanpa bantuan media lain seperti kapas atau kuas.

4. Ratakan Serum Pada Wajah

Langkah selanjutnya adalah meratakan serum yang telah dituangkan tersebut pada wajah anda.Usapkan pada seluruh wajah dengan lembut menggunakan jari, lalu gerakan memutar ke atas menggunakan telapak tangan.

5. Pijatan Lembut

 

Setelah serum berhasil dioleskan pada seluruh permukaan wajah dengan sempurna, maka saatnya anda melakukan pemijatan lembut di area wajah. Anda bisa melakukannya dengan mempraktikan beberapa gerakan pemijatan wajah yang disarankan untuk memaksimalkan manfaat dari serum wajah tersebut. Beberapa gerakan yang dianjurkan untuk ini adalah sebagai berikut.

  • Gerakan Awal, dimulai dengan menekan pipi kanan dengan jari tangan ke atas hingga kening. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali dan lakukan gerakan yang sama di pipi kiri. Inilah gerakan yang akan memaksimalkan penyerapan serum di kulit wajah.
  • Gerakan Kedua, taruh kedua tangan anda pada bagian kening, kemudian tekan dengan lembut menggunakan jari tangan anda. Terus gerakan jari tangan mulai kening hingga ke dagu. Ini merupakan gerakan yang berfungsi untuk merelaksasikan otot wajah yang tegang dan menghindarkan wajah dari kelelahan.
  • Gerakan Ketiga, dengan meletakkan kedua telapak tangan di sisi hidung (empat jari di bagian pipi, ibu jari dibawah rahang). Usap dan tekan pelan bagian tersebut, lakukan juga gerakan pemijatan ringan hingga bagian leher untuk mendapatkan manfaat peremajaan sel kulit dan membuat kulit lebih segar.
  • Gerakan Keempat, lakukan dengan gerakan memutar di area pipi sekitar hidung menggunakan dua jari tangan anda. Tekan dan tarik area ini hingga pelipis mata dan bagian pinggir kening. Ulangi hingga empat kali untuk memeroleh manfaat wajah yang tampak kencang.
  • Gerakan Kelima, pijat bagian sekitar bibir dengan menggunakan jari anda. Tekan sedikit dan tarik hingga area dekat telinga. Gerakan terakhir ini untuk menyempurnakan pemijatan dan membuat kulit lebih kencang.
  • Gerakan Keenam, bagi anda yang sering merasakan pusing bisa melakukan gerakan ini untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di sekitar wajah dan membuat wajah bebas dari kulit kusam. Cukup dengan tekan-tekan wajah mulai dari area pipi, hidung, sekitar bibir, dahi, hingga bagian bawah mata selama beberapa menit saja.

Berbagai gerakan tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk membantu penyerapan serum secara maksimal. Anda bisa mempraktikkannya dengan bantuan orang lain maupun dengan melakukan pemijatan sendiri di rumah. Pemijatan ringan yang dilakukan bisa menjadikan kulit wajah lebih rileks dan memaksimalkan nutrisi yang akan diserap wajah dari serum yang telah dioleskan sebelumnya.

6. Tempelkan Telapak Tangan di Wajah

Langkah selanjutnya setelah serum diaplikasikan dengan baik melalui pemijatan adalah dengan menempelkan telapak tangan anda di wajah. Gosokan terlebih dulu dua bagian telapak tangan anda untuk mendapatkan suhu hangat. Kemudian tempelkan pada wajah dengan menutupi wjaah selama satu menit. Ulangi cara ini sebanyak dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemakaian serum wajah anda.

7. Tetap Gunakan Pelembab Wajah

Serum bukanlah pelembab wajah, keduanya merupakan bahan skin care yang berbeda fungsi serta kandungannya. Oleh sebab itu, usai anda menggunakan serum sebaiknya tetap aplikasikan pelembab wajah bila akan membubuhkan make up di wajah anda. Namun, bila anda tidak sedang ingin menggunakan riasan make up, maka pemakaian pelembab bisa ditiadakan.

Perlu diketahui, serum merupakan bahan berkonsentrat tinggi yang tentunya berbeda penggunaannya. Anda pun tetap harus mengaplikasikan pelembab usai menggunakan serum. Hal ini dikarenakan, serum jelas berbeda dengan pelembab wajah yang memang berfungsi untuk melembabkan kulit anda. Pemakaian serum wajah pun tidak bisa dilakukan setiap hari karena justru akan menimbulkan efek samping bagi wajah anda. Penggunaan serum yang disarankan adalah dua kali seminggu untuk membantu menutrisi kulit wajah secara maksimal.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara memakai serum wajah secara efektif yang bisa diaplikasikan di rumah secara aman untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.