Informasi Kecantikan, Kesehatan, Psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Melembabkan Bibir Yang Kering Dan Pecah-Pecah Secara Ampuh

 

Bibir menjadi salah satu bagian wajah yang selalu menjadi pusat perhatian. Wajar bila kemudian banyak dari kita, terutama kaum wanita sangat mementingkan penampilan bibir yang indah dan lembab untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, mendapatkan bibir yang lembab tidak juga mudah karena manusia juga dihadapkan dengan berbagai faktor alami seperti kebiasaan, efek radikal bebas, hingga jenis kulit yang berbeda-beda. Dari situlah kemudian banyak cara melembabkan bibir yang diupayakan, baik melalui kosmetik atau alami.

Cara Melembabkan Bibir Secara Alami

Melembabkan bibir yang banyak dijumpai adalah dengan menggunakan perawatan lip balm, lipgloss atau semacamnya. Padahal, tidak sedikit bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi bibir yang kering. Kondisi bibir yang kering secara otomatis akan berpengaruh pada kesehatan bibir tersebut. Tidak hanya itu, kondisi bibir yang kering akan berakibat pada kulit pecah-pecah yang membuat tampilannya tidak lagi segar. Lalu, seperti apa cara melembabkan bibir agar tetap sehat dan indah? Berikut ini adalah beberapa langkah alami yang bisa anda praktikkan untuk membuat bibir lebih sehat dan terjaga kelembabannya.

1. Garam Laut

Garam laut dipercaya mampu membuat kelembaban bibir berangsur kembali seperti semula. Dengan cara ini anda bisa mengembalikan kelembaban kulit di bibir yang memang berbeda dengan jenis kulit tubuh lainnya. Larutkan dua sendok makan garam laut dengan 100 ml air putih, aduk hingga garam tidak lagi tampak. Ambil kain lembut atau kapas untuk dicelupkan pada larutan garam tersebut. Sesudahnya, tempelkan kain atau kapas pada bibir yang kering selama 15 menit. Anda bisa melakukan treatment ini setiap hari tanpa khawatir akan efek samping apapun.

2. Madu

Kepopuleran madu sebagai bahan alami penunjang kecantikan sudah banyak dibuktikan pakar kesehatan. Madu juga berkhasiat alami untuk membantu melembabkan bibir yang kering. Tidak perlu dengan campuran apapun, anda hanya perlu mengoleskan madu murni pada bagian bibir anda. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Manfaat lain dari madu tidak hanya melembabkan bibir saja, tetapi juga memberikan efek warna merah alami bila dilakukan dengan rutin.

3. Mentimun

Buah dengan kandungan air yang tinggi ini juga bisa membantu anda untuk menghilangkan bibir yang pecah-pecah. Buah mentimun juga mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan kulit. Untuk mengatasi bibir kering, iris tipis mentimun kemudian letakkan pada bibir anda. Anda juga bisa menghaluskan mentimun terlebih dulu untuk kemudian ditempelkan pada bibir yang kering. Tunggu selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

4. Gula Merah

Gula merah alami terbuat dari sari pohon kelapa yang kaya akan manfaat untuk kecantikan, termasuk untuk membantu mengembalikan kelembaban bibir. Caranya juga mudah untuk menyehatkan bibir anda. Cukup dengan mengiris tipis gula merah dan mencampurkannya dengan sedikit air hingga membentuk seperti scrub. Oleskan pada bibir sambil digosok sebentar untuk membuat sel kulit mati terangkat. Bilas dengan air dingin sesudahnya.

5. Air Mawar

Air mawar mengandung banyak manfaat kecantikan dan banyak dipakai sebagai bahan pembuatan kosmetik. Anda bisa mendapatkan air mawar ini dengan merendam bunga mawar segar semalaman dan menggunakan airnya pada esok hari. Oleskan air mawar pada bibir yang kering berkali-kali dan keringkan dengan handuk lembut. Atau, cara yang kedua anda bisa menghaluskan bunga mawar segar yang telah dicuci bersih menjadi adonan. Kemudian mencampurkannya dengan sedikit minyak zaitun untuk kemudian dioleskan pada bibir selama 30 menit. Bilas bibir dengan air dingin hingga bersih.

6. Alpukat

Suka mengonsumsi alpukat? Anda bisa memanfaatkan buah yang satu ini untuk melembabkan bibir yang kering. Aplikasikan alpukat yang telah dihaluskan pada bibir anda selama 30 menit. Biarkan mengering, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Alpukat mengandung lemak sehat yang juga berfungsi melembabkan kulit secara alami.

7. Susu Kental Manis

Khasiat susu kental manis juga perlu anda manfaatkan untuk membantu mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Bila di rumah tersedia bubuk kunyit, akan lebih mudah lagi bagi anda mempraktikkan cara yang satu ini. Sediakan satu sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh susu kental manis putih. Campur kedua bahan tersebut kemudian oleskan pada bibir. Diamkan sekurangnya 15 menit, dan bilas dengan air dingin. Selain mengangkat sel kulit mati, campuran bubuk kunyit dengan susu kental manis ini juga bermanfaat memberikan efek kenyal pada bibir.

8. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis membantu mengatasi kekurangan nutrisi yang mungkin menyebabkan bibir menjadi kering. Untuk itu, anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai pelembab alami bibir setiap pagi dan malam hari. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian oleskan bagian dalamnya pada bibir sambil digosok lembut. Selain kelembabannya terjaga, bibir juga bebas dari sel kulit mati.

9. Minyak Almond

Khasiat minyak almond untuk melembabkan bibir hampir serupa dengan jenis pelembab bibir yang tersedia di pasaran. Namun, nilai tambahnya adalah minyak almond yang bebas dari efek samping bahan kimia yang tentu akan bermanfaat untuk anda. Gunakan minyak almond untuk olesan bibir yang kering, sambil lakukan pemijatan ringan setiap malam hari. Biarkan semalaman, dan bilas pada esok harinya.

10. Mentega

Mentega tidak hanya lezat untuk membuat adonan kue, ternyata mentega juga efektif mengembalikan kelembaban bibir yang kering. Untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah, anda bisa langsung mengoleskan mentega pada bagian bibir anda. Diamkan satu malam agar kandungan minyak alaminya meresap pada bibir. Bilas pada esok paginya menggunakan air hangat hingga bersih.

11. Minyak Zaitun

Banyak manfaat alami yang bisa didapatkan dari minyak zaitun. Minyak dengan aroma wangi yang khas ini juga berguna untuk mengembalikan kelembaban bibir anda. Dengan satu sendok teh minyak zaitun setiap malam, bibir yang pecah-pecah akan mudah kembali lembut dan terhindar dari sel kulit mati yang menempel. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada malam hari sebelum tidur pada bibir yang kering. Bila selesai, diamkan selama satu malam dan bilas pada pagi harinya.

12. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa berfungsi sebagai pelembab alami untuk bibir yang pecah-pecah. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa setiap pagi hari dan melakukan gosokan ringan pada bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Cara ini efektif mengembalikan kelembaban bibir serta warna alami bibir anda bila dilakukan secara rutin.

Untuk mengembalikan kelembaban bibir secara alami, anda bisa mengaplikasikan beragam langkah yang telah dipaparkan diatas. Namun, jangan lupa juga untuk membantu menjaga kelembabannya dari dalam dengan mencukupi kebutuhan nutrisi kulit anda. Mulai dari rutin mengonsumsi air putih, buah dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi agar kulit anda terhindar dari dehidrasi.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara melembabkan bibir secara alami yang bisa diaplikasikan di rumah, untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.